Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN GANTI KERUGIAN PADA CV. ROYAL BISNIS DI KOTA PEKANBARU

RICKO FADILA AKBAR, - (2024) PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN GANTI KERUGIAN PADA CV. ROYAL BISNIS DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ricko Fadila Akbar, (2024) : Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Ganti Kerugian Pada CV. Royal Bisnis Di Kota Pekanbaru Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam membayar ganti kerugian akibat mengalami kecelakaan tunggal yang merugikan pihak CV. Royal Bisnis. Kedua belah pihak telah membuat perjanjian ganti kerugian atas kerusakan mobil sebesar Rp. 65.000.000,-. Pada awal menjalankan isi perjanjian konsumen beritikad baik dengan membayar ganti kerugian sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak, namun pada saat pertengahan jalan pihak konsumen lalai dan melakukan wanprestasi yang menyebakan pihak CV. Royal Bisnis mengalami kerugian. Penelitian ini memiliki permasalahan mengenai perlindungan hukum akibat adanya wanprestasi yang dialami pelaku usaha atas kelalaian penyewa dan upaya penyelesaian yang dilakukan pelaku usaha akibat adanya wanprestasi, penelitian ini berlokasi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif berdasarkan fenomena dilapangan dengan pengolahan data menggunakan jenis primer dan skunder yang dilakukan berdasarkan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, perjanjian mengenai ganti kerugian atas kerusakan mobil yang telah disepakati oleh kedua belah pihak dengan membayar ganti kerugian dengan sistem berangsur-angsur perbulan sebesar Rp. 1.000.000,-, namun tidak dijalankan dengan baik oleh konsumen yang mengakibatkan terjadinya wanprestasi yaitu keterlambatan membayar kompensasi ganti kerugian dan nominal pembayaran yang dilakukan konsumen tidak sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak, sehingga hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi pihak CV. Royal Bisnis, hal ini tidak sesuai dengan pasal 1243 KUH Perdata. Upaya penyelesaian sengketa antara pihak CV. Royal Bisnis dengan konsumen diselesaikan secara kekeluargaan atau dilakukan secara non litigasi, yaitu penyelesaian perkara diluar pengadilan. Dengan cara menghubungi konsumen dan melakukan musyawarah mufakat dan memberikan keringanan kepada konsumen dalam membayar ganti kerugian dengan tidak di tetapkannya nominal pembayaran dalam perbulan agar tidak terjadinya kerugian yang berkepanjangan. Kata Kunci : Perjanjian, Wanprestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIRFAN RIDHA, -2011075901nurainisahu1959@gmail.com
Thesis advisorNURAINI SAHU, -2011075901nurainisahu1959@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:34
Last Modified: 19 Jun 2024 05:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79474

Actions (login required)

View Item View Item