Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD IT DARUL HIKMAH PEKANBARU

AINI DIVANIA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD IT DARUL HIKMAH PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AINI DIVANIA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)

Abstract

ABSTRAK Aini Divania, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran scramble di kelas II SD IT Darul Hikmah pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 19 siswa kelas II SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah model pembelajaran scramble dan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya dari sebelum tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran nilai rata-rata kemampuan menulis kalimat sederhana siswa hanya mencapai 58,2. Dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan menulis kalimat sederhana siswa meningkat menjadi 69,4. Dengan kategori kurang. Adapun pada siklus II kemampuan menulis kalimat sederhana siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,55. Dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD IT Darul Hikmah pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Scramble, Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARDIA HAYATI2015107201mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:57
Last Modified: 20 Jun 2024 04:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79469

Actions (login required)

View Item View Item