AINI DIVANIA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD IT DARUL HIKMAH PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI AINI DIVANIA.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
Abstract
ABSTRAK Aini Divania, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran scramble di kelas II SD IT Darul Hikmah pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 19 siswa kelas II SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah model pembelajaran scramble dan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya dari sebelum tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran nilai rata-rata kemampuan menulis kalimat sederhana siswa hanya mencapai 58,2. Dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan menulis kalimat sederhana siswa meningkat menjadi 69,4. Dengan kategori kurang. Adapun pada siklus II kemampuan menulis kalimat sederhana siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,55. Dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD IT Darul Hikmah pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Scramble, Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:57 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jun 2024 04:57 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79469 |
Actions (login required)
View Item |