Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Modul Pembelajaran Audit Terintegrasi Islam pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Djamil, Nasrullah (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Audit Terintegrasi Islam pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Disertasi Nasrullah Djamil Tanpa Bab 4.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (BSB IV)
Disertasi Nasrullah Djamil BAB 4 Only.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku menyimpang dalam audit bisa terjadi di mana saja di dunia, terlepas dari tingkat pengaturan dan kepatuhan regulasi di suatu negara. Oleh karena itu, transparansi, pengawasan yang ketat, pendidikan yang kuat, serta penegakan hukum yang tegas merupakan kunci untuk meminimalkan risiko disfungsional dalam praktik audit. Integrasi ilmu audit dengan Islam merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan pada saat. Integrasi audit dengan prinsip-prinsip Islam adalah pendekatan yang mengharmonikan praktik audit dengan nilai-nilai etika dan moral dalam Islam. Penelitian ini melakukan pengembangan pada modul pembelajaran audit yang terintegrasi Islam. Model integrasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Furifikasi ilmu (Islamisasi Sains) oleh Ismail al-Faruqi dan Muhammad Naquib al-Attas. Dalam konteks ini, "integrasi materi" merujuk pada upaya untuk menggabungkan atau menyelaraskan prinsip-prinsip Islam dengan pengetahuan atau materi audit yang diajarkan kepada mahasiswa. Tujuan penelitian ada tiga yaitu : untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran Audit yang belum terintegrasi Islam pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran Audit setelah terintegrasi Islam pada Program Studi Akuntansi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, untuk mengetahui respon mahasiswa setelah menggunakan modul audit terintegrasi dengan nilai-nilai Islam berbasis saintifik pada materi audit. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D menggunakan model ADDIE dengan pendekatan quasi experiment. Informan dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli integrasi dan ahli media yang berjumlah 6 orang. Selain itu mahasiswa program studi akuntansi pada UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Uji T Paired. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran Audit yang belum terintegrasi Islam masih dirasakan belum optimal digunakan, modul audit terintegrasi Islam dinilai lebih valid, praktis dan efektif karena dapat meningkatkan kompetensi sikap spiritual dan sosial mahasiswa dan meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan mahasiswa Program Studi Akuntansi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru setelah menggunakan modul Audit setalah terintegrasi Islam. Implikasi penelitian ini modul pembelajaran audit yang terintegrasi Islam dapat digunakan oleh dosen-dosen yang mengajarkan mata kuliah auditing pada Program Studi Akuntansi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHusti, Ilyas2030126101ilyas.husti@uin-suska.ac.id
Thesis advisorRisnawati, Risnawati2004036501risnawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan Tinggi, Unversitas
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:18
Last Modified: 27 Jun 2024 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79458

Actions (login required)

View Item View Item