AKRIMI MASWA, - (2024) IMPLEMENTASI SERVICE EXCELLENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN WALI SANTRI DI PESANTREN AL-FARUQI KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI AKRIMI MASWA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Akrimi Maswa, (2024) : Implementasi Sevice Excellent Dalam Meningkatkan Kepuasan Wali Santri Dipesantren Al-Faruqi Kampar Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Service Excellent dalam Meningkatkan Kepuasan Wali Santri Di Pesantren Al-Faruqi Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, yaitu: 1) Bagaimana implementasi service excellent dalam meningkatkan kepuasan wali santri di pesantren Al-Faruqi Kampar, 2) Apa saja kendala dalam implementasi service excellent dalam meningkatkan kepuasan wali santri di pesantren Al-Faruqi Kampar. Adapun tujuan penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah yang ada, yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi service excellent dalam meningkatkan kepuasan wali santri di pesantren Al-Faruqi kampar, 2). Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi service excellent dalam meningkatkan kepuasan wali santri di pesantren Al-Faruqi Kampar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala tenaga administrasi pondok pesantren Al- Faruqi sebagai informan inti, dan 1 orang bagian operator, 1 orang wali santri sebagai informan pendukung. Objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Service Excellent Dalam Meningkatkan Kepuasan Wali Santri Di Pesantren Al- Faruqi Kampar. Kemudian data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dam dokumentasi. Melalui teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi service excellent dalam meningkatkan kepuasan wali santri di pesantren Al-Faruqi Kampar dalam penerapanya yaitu sudah baik dan sesuai sebagaimana mestinya, yakni dimana dalam penerapan pelayanan prima tersebut sudah terdapat karyawan yang baik, sarana dan prasarana yang baik, bertanggung jawab, memberikan pelayanan secara cepat dan tepat, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki pengetahuan yang baik, berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan, dan mampu memberikan kepercayaan bagi pelanggan. Kendala yang dihadapi dalam implementasi service excellent dalam meningkatkan kepuasan wali santri di pesantren Al-Faruqi Kampar adalah masalah komunikasi antara wali santri dengan pihak pesantren, jarak tempuh wali santri kepesantren yang jauh, sistem teknologi informasi, dan sumber daya manusia. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran yang perlu dilakukan dalam meningkatkan kepuasan wali santri terhadap pelayanan pesantren Al-Faruqi Kampar yaitu dengan terus meningkatkan pelayanan terhadap wali santri, baik itu secara individu ataupun secara bersama atau organisasi serta segera menyelesaikan permasalahan atau kendala yang sering dihadapi pesantren Al- Faruqi dan berbenah dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan terhadap wali santri. Kata kunci: Implementasi, Pelayanan Prima, Kepuasan, Pelanggan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2024 03:22 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2024 03:22 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79445 |
Actions (login required)
View Item |