Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 007 SUNGAI LIPAI KECAMATAN GUNUNG SAHILAN

Dian Junita, - (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 007 SUNGAI LIPAI KECAMATAN GUNUNG SAHILAN. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIAN JUNITA PGMI.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text
Dian Junita- Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)

Abstract

ABSTRAK Dian Junita (2024): Penerapan Strategi Pembelajaran Outing Class untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 007 Sungai Lipai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran outing class dalam meningkatkan pemahaman konsep pada muatan pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 007 Sungai Lipai. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas yang subjeknya satu orang guru dan 20 siswa sementara objeknya adalah strategi outing class dan pemahaman konsep. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melaui strategi pembelajaran outing class. Grafik peningkatannya tampak dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata pemahman konsep siswa hanya 57,1. Sementara pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 72,8. Adapun pada siklus II pemahaman konsep siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 86,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi outing class dapat meningkatkan pemahman konsep siswa pada muatan pelajaran IPA di SDN 007 Sungai Lipai. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Strategi Pembelajaran Outing Class.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhan2017107301subhan.alhazmi73@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:45
Last Modified: 14 Jun 2024 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79435

Actions (login required)

View Item View Item