Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 028 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA

Nurahliani (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 028 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012232.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi dilapangan pada siswa kelas Kelas IV SDN 028 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi Perkembangan Teknologi, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran Project-Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Project-Based Learning dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV SDN 028 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Penelitian ini dilaksanakan di SDN 028 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi minat belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Project-Based Learning Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa dengan kategori “Cukup Tinggi” pada siklus ke II dilakukan perbaikan pembelajaran dalam penerapan strategi Pembelajaran Project-Based Learning dan menunjukkan peningkatan dan telah berada pada kategori “Tinggi”. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi ““Apakah Melalui Penerapan Pembelajaran Project-Based Learning Dapat Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi perkembangan teknologi Siswa Kelas IV SDN 028 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya.”.dapat “Diterima” artinya apabila diterapkan Strategi Project-Based Learning secara benar dan sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Sep 2016 07:26
Last Modified: 22 Sep 2016 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7939

Actions (login required)

View Item View Item