Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN TERHADAP PELAKU USAHA JASA LAUNDRY YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DI KELURAHAN IV SUKU KOTA SOLOK SUMATERA BARAT BERDASAR UNDANG UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

DWI SOFIANI AZZAHRA, - (2024) PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN TERHADAP PELAKU USAHA JASA LAUNDRY YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DI KELURAHAN IV SUKU KOTA SOLOK SUMATERA BARAT BERDASAR UNDANG UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI SOFIANI AZZAHRA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Sofiani Azzahra(2024): Peran Badan Penyelesaian Sengketam Konsumen terhadap Pelaku Usaha Jasa Laundry yang Tidak Bertanggung Jawab Di Kelurahan VI Suku Kota Solok Sumatera Barat Berdasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Penelitian ini berjudul Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen terhadap Pelaku Usaha Jasa Laundry Yang Tidak Bertanggung Jawab Di Kelurahan VI Suku Kota Solok Sumatera Barat Berdasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana peran badan penyelesaian sengketa konsumen terhadap pelaku usaha jasa laundry yang tidak bertanggung jawab kedua apa faktor penghambat badan penyelesaian sengketa konsumen (bpsk) kota solok dalam melaksanakan tugasnya dalam menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha laundry, Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu penelitian hukum sosiologis (yuridis sosiologis). peneliti menggunakan hukum sosiologis atau (Yuridis Empiris). Dimana dalam penelitian ini dilakukan turun langsung ke lapangan dengan cara mewawancarai (interview) pelaku usaha laundry. konsumen jasa usaha laundry, pihak badan penyelesaian sengketa konsumen dan mengambil beberapa data terkait perlindungan terhadap konsumen yang diberikan oleh pihak laundry dan lembaga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ). Hasil penelitian masih ada pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab atas kelalainya dan tidak ingin mengganti rugi serta beritikad baik dengan konsumen yang dirugikannya serta peran badan penyelesaian sengketa konsumen juga belum terlaksana dengan baik dikarekan pelaku usaha laundry yang dilaporkan tidak mau memenuhi panggilan dari badan penyelesaian sengketa konsumen serta pihak dari BPSK pun tidak memiliki kewenangan untuk menindak lanjuti kejadian dari pelakuusaha laundry yang tidak ingin bertanggung jawab tersebut. Kata Kunci: Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, Perlindungan Konsumen,Laundry

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNURAINI SAHU, -2011075901nuarainisahu1959@gmail.com
Thesis advisorRONI KURNIAWAN, -2021018601ronikurniawan@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:48
Last Modified: 12 Jun 2024 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79345

Actions (login required)

View Item View Item