Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 6 Pekanbarup

Nilma Sovira, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 6 Pekanbarup. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

ABSTRAK Nilma Sovira, (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 6 Pekanbarup Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang terampil berbicara dan masih terbata-bata dalam menyampaikan ide, gagasan bahkan pendapat pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment dan desain yang digunakan yaitu non-equivalent control-group. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah kelas IX dengan jumlah 378 siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa siswa kelas IX.3 berjumlah 35 sebagai kelas eksperimendan IX.5 berjumlah 35 siswa sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data berupa lembar obervasi, angket, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan penelitian diadakan uji validitas dan realibilitas lembar angket keterampilan berbicara siswa yang akan disebarkan. Analisis data uji hipotesis penelitian dibantu aplikasi SPSS versi 25 dan mengujinya menggunakan uji independent sample t test dengan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen 69,83 sedangkan rata-rata posttest kelas control 63,14 hal ini dapat diketahui dari thitung>ttabel, thitung (3.564) > ttabel (1.667), jika dihitung persentase diperoleh besar kenaikan yaitu 11,44%. Kata Kunci; Model Pembelajaran Talkig Stick, keterampilan berbicara siswa, pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusnadi2012126701kusnadirfan@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:21
Last Modified: 13 Jun 2024 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79276

Actions (login required)

View Item View Item