Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 1 TAPUNG HILIR

AGUSTIN ANANDA MAMASTA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 1 TAPUNG HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGUSTIN ANANDA MAMASTA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agustin Ananda Mamasta,(2024) : Pengaruh Penerapan Metode Kuis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Tapung Hilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode kuis terhadap hasil belajar geografi pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Tapung Hilir. Dengan menggunakan metode Quarsy Eksperimen dengan disain penelitian Nonequivalen Control Group desigh. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XII yang berjumlah 122.sampel penelitian adalah siswa kelas XII ISS 3 untuk kelas kontrol dengan perlakuan konvensional dan siswa kelas XII ISS 4 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan metode kuis. Pengumpulan data dilakukan dengan Pretest dan Posttest hasil belajar siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analissi data penelitian menggunakan statistic parametrik dengan uji T-Test. Setelah dilakukan pengujian dapat diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan metode kuis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunan metode kuis pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemanfaatan peta, pengindraan jauh, dan system informasi geografi. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (Pretest dan Posttest) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan perbandingan 82,0% dan 46,8%, dan didapatkan uji effect size dengan hasil 0,33 yang mana ≥ 0,14 yang berarti large atau tinggi. Kata Kunci: Metode Kuis, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorALFIAH2021066801alfiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:00
Last Modified: 07 Jun 2024 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79201

Actions (login required)

View Item View Item