Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KAMPAR DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MUSTAHIQ MELALUI ZAKAT PRODUKTIF (Studi Kasus Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar)

Taufiq Ikram Ash Syidiqi, - (2024) PERAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KAMPAR DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MUSTAHIQ MELALUI ZAKAT PRODUKTIF (Studi Kasus Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

Taufiq Ikram Ash syidiqi, (2024): PERAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KAMPAR DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MUSTAHIQ MELALUI ZAKAT PRODUKTIF (Studi Kasus Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendistribusian dan pendayagunaan zakat dari Baznas Kabupaten Kampar yaitu zakat produktif, yang berbeda dari zakat pada umumnya yang bersifat konsumtif. Tujuan dari zakat produktif ini adalah untuk meningkatkan ekonomi mustahiq, tetapi permasalahannya setelah mustahiq menerima zakat produktif apakah ekonominya meningkat atau tidak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Baznas Kabupaten Kampar dalam meningkatkan ekonomi mustahiq melalui zakat produktif, untuk mengetahui apakah pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif dari Baznas kabupaten Kampar sudah berhasil meningkatkan ekonomi mustahiq, dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam tentang peran Baznas Kabupaten Kampar dalam meningkatkan ekonomi mustahiq melalui zakat produktif. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (Field Riset). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 117 orang, terdiri dari 16 orang dari pihak Baznas Kabupaten Kampar dan 101 orang mustahiq penerima zakat produktif Kecamatan Kampar Utara tahun 2022 dan 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang, yang terdiri dari 5 orang dari komisioner Baznas Kabupaten Kampar dan 25 orang mustahiq penerima zakat produktif. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan, bahwa peran dari Baznas Kabupaten Kampar dalam meningkatkan ekonomi mustahiq melalui zakat produktif sudah dijalankan sesuai kemampuan dan aturan tetapi belum optimal yaitu dalam pendampingan serta pelatihan kepada mustahiq, begitu juga dengan pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif dari Baznas Kabupaten Kampar kepada mustahiq sudah dijalankan sesuai kemampuan dan aturan tetapi belum berhasil meningkatkan ekonomi mustahiq kendala dari pihak baznas adalah karena keterbatasan dana sehingga pendistribusian dan pendayagunaan tidak sesuai yang diharapkan sedangkan kendala dari pihak mustahiq disebabkan salah satunya yaitu tidak berkembangnya usaha mereka setelah menerima zakat produktif dikarenakan sulitnya pendistribusian hasil usaha. Sedangkan jika ditinjau dari hukum islam tentang peran Baznas Kabupaten Kampar dalam meningkatkan ekonomi mustahiq melalui zakat produktif sudah sesuai dengan apa yang terdapat didalam hukum islam. Kata Kunci : Baznas, Mustahiq, Zakat Produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAMSUDDIN MUIR2004097003syamsuddin.muir@gmail.com
Thesis advisorH MARDIANA2010047401Mardiana@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:04
Last Modified: 07 Jun 2024 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79191

Actions (login required)

View Item View Item