Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTEKSTUALISASI HADIS TENTANG KECINTAAN NABI MUHAMMAD SAW TERHADAP TANAH KELAHIRANNYA DAN KORELASINYA DENGAN PULANG LEBARAN (MUDIK)

HABIB HUBWALLAH, - (2024) KONTEKSTUALISASI HADIS TENTANG KECINTAAN NABI MUHAMMAD SAW TERHADAP TANAH KELAHIRANNYA DAN KORELASINYA DENGAN PULANG LEBARAN (MUDIK). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV ANALISIS DATA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Kontekstualisasi Hadis Tentang Kecintaan Nabi Muhammad SAW. Terhadap Tanah Kelahirannya dan Korelasinya dengan Pulang Lebaran (Mudik)”. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW. pernah mengungkapkan rasa kecintaannya yang begitu mendalam terhadap tanah kelahirannya, yaitu kota Makkah. Dengan demikian, antara pulang lebaran dengan hadis tersebut secara zhahir tampak mirip, karena sama-sama merupakan bentuk ungkapan kecintaan seseorang terhadap tanah kelahirannya. Apakah hadis tersebut dapat dikorelasikan ke dalam tradisi pulang lebaran? Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini yaitu status dan pemahaman hadis tentang kecintaan Nabi Muhammad SAW. terhadap tanah kelahirannya dan korelasi hadis tersebut dengan tradisi pulang lebaran atau mudik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengkontekstualisasikan hadis tersebut dan dikorelasikan dengan tradisi pulang lebaran. Penelitian ini menyimpulkan: Pertama, hadis riwayat Ibnu Hibban nomor 275 berstatus shahih li ghairihi. Hadis ini menjelaskan kecintaan Rasulullah SAW. terhadap kota Makkah sebagai tempat kelahiran beliau. Kedua, Antara hadis tentang kecintaan Nabi Muhammad SAW. terhadap tanah kelahirannya memiliki korelasi dengan tradisi pulang lebaran, yaitu mengajarkan rasa kecintaan yang begitu mendalam terhadap tanah kelahirannya, semangat pengorbanan dan rela meninggalkan tanah kelahiran untuk kehidupan yang lebih baik, serta menghargai dan memuliakan tanah tempat kelahirannya. Kata Kunci : Kontekstualisasi, Hadis, Pulang Lebaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUsman2026017001usman1969@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:38
Last Modified: 07 Jun 2024 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79151

Actions (login required)

View Item View Item