Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM) DALAM PENANGANAN PERKARA BAGI MASYARAKAT TIDAK MAMPU DI PENGADILAN AGAMA KELAS 1A KOTA PEKANBARU

AULIA SINDYANI, - (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM) DALAM PENANGANAN PERKARA BAGI MASYARAKAT TIDAK MAMPU DI PENGADILAN AGAMA KELAS 1A KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Efektivitas Pelayanan Administrasi Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dalam Penanganan Perkara Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Pekanbaru Oleh: Aulia Sindyani NIM. 12070520680 Indonesia adalah negara hukum yang mengakui dan melindungi hak asasi manusia setiap warganya. Pemerintah mengakui, melindungi, dan menjamin hak warganya dengan memberikan bantuan hukum. Untuk memberikan bantuan hukum secara efektif, Pemerintah telah mengambil langkah dengan mengadakan layanan Posbakum di Pengadilan. Penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelayanan administrasi Posbakum di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Pekanbaru dan mengetahui faktor penghambat dalam efektivitas pelayanan Posbakum tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan administrasi Posbakum di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Pekanbaru yang diukur menggunakan indikator menurut Duncan, yaitu: (1) Pencapaian tujuan, sudah cukup efektif (2) Integrasi, dinilai masih kurang efektif karena kurangnya sosialisasi (3) Adaptasi, masih kurang efektif karena keterbatasan sarana dan prasarana. Beberapa faktor penghambatnya yaitu, masih kurangnya sosialisasi Posbakum, rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat terhadap Posbakum, belum tersedia ruangan khusus untuk layanan Posbakum, dan seringnya dijumpai permasalahan ketidak lengkapan persyaratan yang dibawa oleh masyarakat yang ingin mendapatkan layanan Posbakum. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Administrasi, Posbakum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMAHMUZAR, -9920113410mahmuzar@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:01
Last Modified: 03 Jun 2024 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79072

Actions (login required)

View Item View Item