Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN HEWAN PELIHARAAN (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PEKANBARU NOMOR 27/PID.B/2023/PN PBR)

DESY NURSAFITRI, - (2024) TINJAUAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN HEWAN PELIHARAAN (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PEKANBARU NOMOR 27/PID.B/2023/PN PBR). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

ABSTRAK DESY NURSAFITRI (2024) : Tinjauan Hukum Terhadap Tindak Pidana Penganiayaan Hewan Peliharaan (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 27/Pid.B/2023/PN Pbr Penulisan skripsi ini disusun karena adanya Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 27/Pid.B/2023/PN Pbr yang mana menjatuhi hukuman 3 (tiga) bulan penjara terhadap seorang pelaku penganiayaan hewan. Dalam hal ini berbanding terbalik dengan adanya kasus serupa pada Putusan Pengadilan Tasikmalaya Nomor 314/Pid.B/LH/2022/PN Tsm yang menjatuhkan pidana 3 (tiga) tahun penjara terhadap pelaku penganiayaan hewan. Yang mana masalah perlindungan dan kesejahteraan hewan masih sering diabaikan oleh sebagian pihak, terutama terlihat dari hukuman yang ringan dan lemahnya penegakan hukum. Adapun tujuan penelitian ini mencakup mengenai konsep penegakan hukum dan dasar pertimbangan hakim terhadap penjatuhan sanksi pidana terkait penganiayaan hewan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 27/Pid.B/2023/ PN Pbr. Penelitian ini berjenis penelitian yuridis normatif melalui pendekatan undang-undang, pendekatan konsep dan pendekatan kasus berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 27/Pid.B/2023/ PN Pbr. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep penegakan hukum dalam tindak pidana penganiayaan hewan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 27/Pid.B/2023/PN Pbr merupakan satu kesatuan proses yang diawali dengan tahapan penangkapan oleh pihak kepolisian, tuntutan oleh pihak penuntut umum dan pertimbangan hakim. Pertimbangan hakim terhadap penjatuhan sanksi pidana yang terjadi pada kasus penganiayaan hewan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 27/Pid.B/2023/PN Pbr yang mana dalam pertimbangan hakim mengabulkan tuntutan penuntut umum karena telah memenuhi unsur-unsur yang terdapat pada Pasal 302 KUHP ayat (2) dengan hukuman pidana penjara selama 3 (tiga) bulan kepada pelaku yang kemudian masa hukumannya dikurangi selama masa jalannya persidangan sehingga tidak menimbulkan efek jera kepada pelaku. Kata Kunci : Penganiayaan Hewan, Pertimbangan Hakim, Penegakan Hukum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLYSA ANGRAYNI, -2031017901lysa.angrayni@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSYAFRINALDI, -2023098101Idlanirfays@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:04
Last Modified: 03 Jun 2024 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79047

Actions (login required)

View Item View Item