Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

NADIYA QOSIMA, - (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

ABSTRAK Nadiya Qosima (2024): Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Pendekatan STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Model problem Based learning berbasis pendekatan STREAM memudahkan siswa mengemukakan gambaran tetang kimia dalam science, technology, religion, engineering, art, mathematics,sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem Based learning berbasis pendekatan science, technology, religion, engineering, art, mathematics terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pekanbaru pada semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah pretest-posttest Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yaitu soal pretest-posttest dan lembar observasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Peminatan Kimia, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI-3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda dengan pengolahan data menggunakan uji-t dan uji koefisien determinasi. Pada uji-t diperoleh hasil Sig (2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Uji uji koefisien determinasi diperoleh dari nilai (r2) = 0,270, maka dapat disimpulkan bahwa model problem Based learning berbasis pendekatan science, technology, religion, engineering, art, mathematics berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa sebesar 27%. Kata kuci: Problem Based Learning, Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics, Hasil Belajar, Asam Basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMITERIANIFA, -2004048501miterianifa@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 May 2024 14:59
Last Modified: 31 May 2024 14:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79012

Actions (login required)

View Item View Item