DILA OKTA MULYANA, - (2024) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK FASHION MENURUT PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI DI TOKO DILA COLLECTION KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI DILA OKTA MULYANA.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Dila Okta Mulyana (2023) : Pengaruh Brand Image Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Fashion Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi di Toko Dila Collection Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru) Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menurunnya kepercayaan pelanggan dalam membeli produk tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggan pada produk fashion di toko Dila Collection. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah brand image berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen, apakah brand image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, apakah kepercayaan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, apakah brand image melalui kepercayaan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, bagaimana praktik brand image, kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, lokasi di Jalan Budi Daya Kecamatan Tampan, Kelurahan Tuah karya Kota Pekanbaru, Riau, dengan populasi 254 orang. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan rumus Slovin dengan sampel sebanyak 155 orang responden. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi Jalur (Path analysis) dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa brand image tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan, terbukuti t hitung =1,258 < t tabel 1,976, brand image berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini terbukti dari t hitung = 3,943 > t tabel 1,976 dan kepercayaan pelanggan berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, terbukti t hitung=2,740 > ttabel 1,976. Maka dapat diketahui brand image lebih dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan pada toko Dila Collection Pekanbaru. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa pengaruh brand image melalui kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, terbukti dari f hitung = 12,752 > F tabel 3,90. Dimana besarnya pengaruh brand image melalui kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 14,4%, sedangkan sisanya 85,6% dipengaruhi variabel lain diluar variabel penelitian ini. Tinjauan ekonomi syariah tentang pengaruh praktik brand image, kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Brand image harus sesuai dengan syariah Islam dan tidak ada unsur Yahudi, tingkatkan kepercayaan pelanggan dengan mengirim barang tepat waktu, upayakan untuk membuat kartu member untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Praktik ini berguna untuk memperkuat hubungan antara pelanggan dan menghasilkan kepercayaan sehingga pelanggan akan percaya dan membeli produk atau brand secara berkelanjutan. Kata Kunci : Brand Image, Kepercayaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 May 2024 02:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 May 2024 02:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78992 |
Actions (login required)
View Item |