Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KESALAHAN-KESALAHAN LINGUISTIC YANG DIPAHAMI PADA PERCAKAPAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS XI MA MA’HAD IMAM IBNU KATSIR PEKANBARU

ARIANI, - (2024) KESALAHAN-KESALAHAN LINGUISTIC YANG DIPAHAMI PADA PERCAKAPAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS XI MA MA’HAD IMAM IBNU KATSIR PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS ARIANI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Ariani (2024), :Kesalahan-kesalahan linguistic yang dipahami pada percakapan Bahasa Arab santriwati kelas XI MA ma’had imam ibnu katsir pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan linguistik yang dipahami dalam percakapan bahasa Arab di kalangan siswa perempuan kelas sebelas di Imam Ibnu Katsir di Pekanbaru, dan untuk mengetahui klasifikasi kesalahan linguistik tersebut, dan kemudian mengungkap alasan terjadinya kesalahan linguistik yang diketahui tersebut. dan dampak kesalahannya terhadap pemahaman pendengar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dan metodologinya adalah deskriptif. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan sumber datanya adalah perkataan siswi kelas XI dan guru Pengembangan Bahasa Arab. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa jenis kesalahan linguistik yang dikenal dalam berbahasa Arab adalah kesalahan bunyi, morfologi, tata bahasa, dan konotasi atau makna. Kesalahan linguistik berbahasa Arab yang paling banyak diketahui dari segi tata bahasa adalah 213 kesalahan dari sepuluh jenis kesalahan dengan persentase 44,5%. Selanjutnya dari segi morfologi, sebanyak 171 kesalahan dari tujuh jenis kesalahan, dengan persentase sebesar 35,7%. Penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah sebagai berikut: siswa terpengaruh oleh bahasa yang pertama kali dikuasainya yaitu bahasa ibu, kurang berlatih menggunakan kaidah bahasa kedua yang benar, pengajaran tuturan berupa penyebaran kosa kata, asumsi yang salah dalam memahami bahasa. Semua kesalahan linguistik tersebut tidak mempengaruhi pemahaman pendengar, namun harus ditindak lanjuti dan diminimalisir. Kata Kunci: Kesalahan Lingustik, Fonologi, Morfologi, Sintaksis, Semantik

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPROMADI2027086401promadi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorRUSDIUNSPECIFIEDrusdiibrahim23@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 30 May 2024 06:37
Last Modified: 30 May 2024 06:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78970

Actions (login required)

View Item View Item