Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK PEMBIASAAN BERBAHASA ARAB DIKALANGAN SISWA DIPONDOK PESANTREN NURUL HAQ SIMURUP KERINSI JAMBI.

NURHALIZA PUTRI, - (2024) PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK PEMBIASAAN BERBAHASA ARAB DIKALANGAN SISWA DIPONDOK PESANTREN NURUL HAQ SIMURUP KERINSI JAMBI. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS NURHALIZA PUTRI.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhaliza Putri 2024: Pembentukan lingkungan bahasa Arab untuk pembiasaan berbahasa Arab dikalangan siswa dipondok pesantren Nurul Haq Simurup Kerinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembentuk lingkungan bahasa Arab untuk pembiasaan berbahasa Arab dikalangan siswa dipondok pesantren Nurul Haq Simurup Kerinsi Jambi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya empat Keterampilan berbahasa terutama pada maharah kalam siswa padahal di Pesantren telah diterapkan Lingkungan Bahasa Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren NURUL HAQ Semurup kerinci jambi. Populasinya adalah seluruh santri kelas 7 mts Pondok Pesantren NURUL HAQ Semurup kerinci jambi yang berjumlah 243 siswa, karna banyaknya jumlah populasi maka peneliti menggunakan metode random sampling diambil secara acak sekitar 10% sebanyak 20 siswa kemudian mereka yang menjadi responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan penelitian komparatif terhadap siswa kelas VII Sekolah Nurul Haq Simurup. Apalagi dengan penelitian eksperimen, dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan populasi atau sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel umumnya dilakukan secara acak, dan pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya kegitan yang dilakukan dilingkungan bahasa seperti pelaksanaan kegiatan dan peraturan yang dibuat untuk memberikan pengembangan keterampilan berbicara siswa yang lebih baik, baik dalam kegiatan muhadasah melatih siswa dalam pengucapan bahasa Arab, festival bahasa juga diadakan mengasah keterampilan bahasa Arab. Muhadaroh adalah kegiatan latihan pidato melatih dalam maharah kalam siswa Untuk membiasakan keterampilan berbicara, nahu shorof dan kosa kata ditambahkan untuk melatih dalam mempelajari bahasa Arab dan mengembangkan keterampilan berbicara. Faktor yang mempengaruhi lingkungan berbahasa Arab: penggunaan bahasa Arab, buku-buku khusus, ada sanksi, ada kinerja administrasi yang baik. Faktor penghambat terbentuknya lingkungan kebahasaan Terkadang sulitnya mengatur pola perilaku santri dan murid, faktor keterbatasan media, tenaga pengajar, waktu belajar.Dari hasil pengujian yang dilakukan akan diperoleh Lebih besar dari 5%. Terdapat perbedaan antara sebelum tes atau pemberian lingkungan bahasa dan setelah pemberian lingkungan bahasa, yaitu sebelum 57 setelah diberikan menjadi 70, keterampilan berbicara mereka meningkat 13 dari 57 - 70 karena akibat mereka partisipasi dalam kegiatan bahasa Arab melalui lingkungan bahasa. Jadi dapat dikatakan Lingkungan bahasa berpengruh terhadap maharah kalam siswa. Kata Kunci: pembentukan, lingkungan bahasa,Maharah Al-kalam

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAgustiar,, -UNSPECIFIEDagustiar@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMasrun, -UNSPECIFIEDagustiar_abbas@yahoo.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:13
Last Modified: 03 Jun 2024 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78932

Actions (login required)

View Item View Item