BIMA BRAYUDA ALZI, - (2024) FENOMENA GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG SEBAGAI GAMING TRENDSETTER DI KALANGAN SISWA KELAS XI MAN 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Bima Brayuda Alzi Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Fenomena Game Mobile Legends: Bang Bang Sebagai Gaming Trendsetter Di Kalangan Siswa Kelas XI MAN 2 Pekanbaru Fenomena Game Mobile Legends dinikmati oleh semua kalangan, hal tersebut terlihat pada beberapa sekolah menengah atas di Pekanbaru. Para siswa cenderung menyenangi game ini dalam mengisi waktu luang sewaktu sekolah, hal itu terjadi karena game ini mengandung nilai komunikasi interpersonal para siswa, menyalurkan hobi serta mengikuti tren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Fenomena Game Mobile Legends sebagai Gaming Trendsetter di kalangan Siswa kelas XI MAN 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlandaskan teori fenomenologi. Penelitian ini diperoleh melalui 3 teknik pengumpulan data, yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini membuktikan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang memainkan Game Mobile Legends, diantaranya karena banyak-nya orang-orang di sekitar juga memainkan Game Mobile Legends tersebut. Seseorang melihat di lingkungan sekitar-nya banyak yang memainkan Game Mobile Legends, hal itu membuat seseorang tertarik dan ikut memainkan-nya. Faktor lain yaitu game Mobile Legends sebagai penghibur bagi yang memainkan. Seseorang yang sedang bosan atau jenuh dengan memainkan game ini mampu menjadi alat/media untuk menghibur diri. Faktor lain lagi bahwa seseorang gemar bermain Game Mobile Legends karena game tersebut bergenre strategi. Game yang bersifat strategi dapat mengasah kecerdasan seseorang, kemampuan, kreatifitas dan sportifitas seseorang sehingga bisa menjadi ajang pengembangan diri. Game Mobile Legends juga dapat menciptakan komunikasi interpersonal antar siswa, karena siswa mendapatkan respon positif saat berinteraksi selama bermain game, hal itu membuat informan menjadi lebih solid dengan teman-teman dan menjadi lebih akrab, interaksi positif yang dilakukan selama bermain game Mobile Legends dapat menjadikan informan mengenal satu sama lainnya, namun ada juga informan yang mendapat respon negatif saat berinteraksi sewaktu bermain Game Mobile Legends. Kata Kunci: Fenomena, Game Mobile Legends, Trendsetter, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2024 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2024 04:14 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78921 |
Actions (login required)
View Item |