SITI NURANIZA, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI UPT RUMAH SINGGAH DALAM SOSIALISASI PROGRAM PEMBERDAYAAN PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DI KOTA DURI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Siti Nuraniza Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi UPT Rumah Singgah Dalam Sosialisasi Program Pemberdayaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Di Kota Duri Program pemberdayaan penyandang masalah kesejahteraan sosial adalah program yang dirancang oleh pemerintah untuk memberdayakan para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) agar kehidupannya bisa lebih sejahtera dan mandiri. Salah satu upaya dalam pengentasan kesejahteraan sosial masyarakat miskin yang dilakukan oleh UPT Rumah Singgah Kota Duri yakni dengan melakukan kegiatan sosialisasi program penyandang masalah kesejahteraan sosial menggunakan strategi komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi UPT Rumah Singgah dalam sosialisasi Program pemberdayaan PMKS di Kota Duri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dan gambaran mengenai masalah sosial yang dengan mendeskripsikan realitas yang diaplikasikan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strategi Komunikasi Harold Lasswell. Teknik pengumpulan data didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah UPT Rumah Singgah melakukan sosialisasi dengan menggunakan strategi komunikasi Anwar Arifin yang dikaitkan dengan strategi komunikasi dari Harold Lasswell. Yaitu, dengan menetapkan Who/siapa, pemilihan komunikator yang kredibilitas dan wibawa. Says what/pesan, melakukan penyusunan pesan yang berisikan himbauan, ajakan dan arahan. In which Channel/media, selanjutnya pemilihan media komunikasi dengan menggunakan media sosial facebook dan spanduk. To whom/penerima, menetapkan sasaran pesan yaitu para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). With What Effect/efek, adanya pemahaman bagaimana pola hidup mandiri bagi para PMKS tentang pentingnya meningkatkan kesejahteraan sosial dan tidak kembali ke jalanan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi Program, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2024 04:05 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2024 04:05 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78846 |
Actions (login required)
View Item |