Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA MISKIN DI NAGARI TARAM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

MUTIARA CHOBITA ARATUSA, - (2024) PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA MISKIN DI NAGARI TARAM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemiskinan yang terdapat di Nagari Taram, karena mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani, sehingga pendapatan yang diterima perbulan tidak tetap. Hal ini berdampak langsung pada pola konsumsi rumah tangga miskin di Nagari Taram. Pada penelitian ini yang menjadi rumusan masalah yaitu apakah pendapatan berpengaruh terhadap pola konsumsi rumah tangga miskin di Nagari Taram serta bagaimana pandangan ekonomi syariah tentang pola konsumsi rumah tangga miskin di Nagari Taram. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian survei. Populasi berjumlah 1.576 KK dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada responden yaitu rumah tangga miskin di Nagari Taram selain itu juga melakukan observasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuisioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pola konsumsi rumah tangga miskin di Nagari Taram hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 12,409 > 1,986 serta memperoleh nilai signifikansi kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh pendapatan terhadap pola konsumsi rumah tangga miskin di Nagari Taram yaitu sebesar 62,6%, sedangkan sisanya sebesar 37,4% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Pola konsumsi rumah tangga miskin di Nagari Taram ditinjau dari perpektif ekonomi syariah sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, di mana masyarakatnya hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Hal ini didasari karena masih rendahnya penghasilan yang diperoleh setiap bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJENITA, -1026016501djasmanjenita@yahoo.co.id
Thesis advisorDr. Zuraidah, M.Ag, -2013087101,zuraidah@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:24
Last Modified: 03 Jun 2024 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78828

Actions (login required)

View Item View Item