Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN SUAMI BERPROFESI SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DALAM MEMBANGUN KELUARGA HARMONIS MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir)

MOCHAMAD ILHAM AGUNG, - (2024) PERAN SUAMI BERPROFESI SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DALAM MEMBANGUN KELUARGA HARMONIS MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MOCHAMAD ILHAM AGUNG.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mochamad Ilham Agung (2024): Peran Suami Berprofesi Sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Dalam Membangun Keluarga Harmonis Menurut Tinjauan Hukum Islam (Studi Kasus Desa Tanah, Merah Kabupaten Indragiri Hilir) Skripsi ini membahas tentang Peran Suami Berprofesi Sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Dalam Membangun Keluarga Harmonis dengan alasan bahwa, setiap pasangan suami istri mendambakan keluarga yang harmonis. Tetapi dalam hal ini suami harus meninggalkan istri karena pekerjaannya sebagai seorang tenaga kerja Indonesia dengan harus meninggalkan istrinya bertahuntahun untuk mencari nafkah, sehingga tidak dapat berperan langsung dalam urusan rumah tangga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran suami yang berprofesi sebagai TKI dalam membangun keluarga harmonis, bagaimana tinjauan hukum islam mengenai suami yang berprofesi sebagai TKI dalam membangun keluarga harmonis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di Desa Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir dengan populasi berjumlah 6 orang yaitu suami yang berprofesi sebagai TKI. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisa adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran suami yang berprofesi sebagai TKI dalam membangun keluarga harmonis dilakukan dengan cara seperti melakukan komunikasi yang lancar, tidak menceritakan aib pasangan, saling percaya, saling menjaga amanah, selalu bersyukur dan bersabar atas setiap keadaan dan ujian yang dihadapai. Cara tersebut diterapkan karena membutuhkan waktu yang lama untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga. Cara itulah yang dilakukan oleh suami kepada istri atau pun sebaliknya dalam membangun keluarga harmonis. . Kata kunci: Peran Suami, Berprofesi Sebagai TKI, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorErman, -2017127501ermangani@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDr. Zulfahmi Nur, M.Ag, -2001017101fahminurarif72@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:25
Last Modified: 03 Jun 2024 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78820

Actions (login required)

View Item View Item