Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Siswa Kelas VIII SMP IT Future Islamic School FIS Pekanbaru

Wilsa Martiana, - (2024) Efektivitas Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Siswa Kelas VIII SMP IT Future Islamic School FIS Pekanbaru. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Wilsa martiana, (2024): Efektivitas Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Siswa Kelas VIII SMP IT Future Islamic School FIS Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen One Group Pretest Postest yang terdiri dari dua variabel yaitu penggunaan video animasi (X) dan maharah istima' (Y) di SMP IT future islamic school FIS pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan video animasi untuk meningkatkan maharah istima' siswa kelas VIII SMP IT FIS Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelelitian ini adalah “ Apakah penggunaan video animasi efektiv untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa kelas VIII SMP IT future islamic school FIS pekanbaru?” Penelitian ini dimulai dengan merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT FIS tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel siswa kelas VIII yang berjumlah 16 orang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan objek penelitiannya adalah efektivitas penggunaan video animasi untuk meningkatkan maharah istima' siswa kelas VIII SMP IT FIS Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media video animasi efektiv untuk meningkatkan maharah istima' siswa kelas VIII SMP IT FIS Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan nilai T hitung (3.470) lebih besar dari T tabel pada taraf signifikansi 1%=2.583 dan lebih kecil dari taraf signifikansi 5%=2.120. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan kata lain penggunaan video animasi efektiv untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa kelas VIII SMP IT future islamic school FIS pekanbaru. Kata kunci :Efektivitas, media video animasi, keterampilan mendengar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJon Pamil2027067101jon.pamil@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 May 2024 02:59
Last Modified: 21 May 2024 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78791

Actions (login required)

View Item View Item