FIRDAUS, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH PEMERINTAH PROVINSI RIAU DALAM MENJAGA CITRA PIMPINAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @biroadpim.riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FIRDAUS.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Firdaus Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Riau dalam Menjaga Citra Pimpinan di Media Sosial Instagram @biroadpim.riau Strategi Komunikasi sangat penting digunakan dalam menjaga citra pimpinan di media sosial Instagram. Hal ini yang melatarbelakangi Biro Adpim dalam menjalankan proses komunikasi dengan menjaga citra pimpinan di Provinsi Riau. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui proses dan Strategi Komunikasi Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Riau dalam Menjaga Citra Pimpinan di Media Sosial Instagram @biroadpim.riau. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan yaitu dari Harold D. Lasswell yang membahas tentang Who says What In Which Channel to Whom With What Effect. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Riau sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam menjaga citra pimpinan di media sosial dengan memfokuskan pada unsur-unsur komunikasi yang dikemukakan oleh Lasswell yaitu dengan menetapkan komunikator sebagai peran utama dalam menjalankan proses komunikasi yang berusaha untuk tampil kreatif, terampil dan peka terhadap segala bentuk dinamika yang terjadi di media sosial. Selanjutnya dengan menyampaikan pesan yang bersifat informatif dan menyesuaikan dengan karakter pemimpin dan khalayak, dimana Biro Adpim sendiri menggunakan teknik One-side issue, artinya menonjolkan sisi positif dari pimpinan. Yang ketiga memperhatikan penggunaan media sosial Instagram sebagai saluran utama dalam menyebarkan pesan. Yang keempat menganalisis komunikan yang menjadi pengikut dengan memperhatikan interaksi terhadap konten yang diproduksi oleh Biro Adpim. Terakhir menganalisis efek, berhubungan dengan evaluasi dari strategi komunikasi yang dilakukan oleh Biro Adpim dalam memproses dampak yang muncul dalam menjaga citra pimpinan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Media Sosial, Citra Pimpinan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 May 2024 07:04 | ||||||||
Last Modified: | 17 May 2024 07:04 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78731 |
Actions (login required)
View Item |