Yola Novela (2013) PERSEPSI IBU RUMAH TANGGA TERHADAP TAYANGAN IKLAN SUNLIGHT DI TELEVISI (Studi Kasus Ibu PKK di RT 03 / RW 04 Desa Tualang Kecamatan Tualang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013177KOM.pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
Televisi merupakan salah satu media yang memiliki potensi besar sebagai wahana iklan karena televisi mampu menjangkau begitu banyak masyarakat atau calon konsumennya di segala penjuru. Untuk itu dalam usaha mempromosikan dan memasarkan produk sabun cair Sunlight, PT. Unilever Indonesia menggunakan pendekatan iklan demonstrasi yang ditayangkan di televisi. Pendekatan ini di pilih karena iklan demonstrasi merupakan salah satu medium yang ideal untuk memperlihatkan kepada khalayak sasaran (konsumen dan pemirsa) tentang bagaimana cara kerja sabun cair Sunlight tersebut. Iklan merupakan salah satu alat pemasaran yang diharapkan mampu meningkatkan pembelian pada suatu produk. Iklan sendiri tidak bertujuan mutlak pada peningkatan pembelian seperti tujuan para produsen Iklan fungsinya sebagai pemberi informasi terkadang difungsikan sebagai alat penjualan (pemasaran) yang harus dapat menimbulkan niat beli pada konsumen. Hal tersebut terjadi karena keberadaan iklan erat kaitannya dengan pemasaran. Dalam kerangka pemikiran pemasaran terdapat bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion. Iklan merupakan salah satu elemen dalam bauran pemasaran yaitu promotion. akan lebih tepat jika iklan disebut sebagai unsur dalam pemasaran yang dapat mendukung niat beli pada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi ibu rumah tangga terhadap tayangan iklan sunlight di Televisi (studi kasus Ibu PKK di RT 03 / Rw 04 Desa Tualang Kecamatan Tualang Perawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di RT 03 / Rw 04 Desa Tualang Kecamatan Tualang Perawang dengan menggunakan Purposive Sampling dimana dengan menggunakan In depth Interview kepada ibu-ibu rumah tangga. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan selama lebih kurang dua minggu menunjukan bahwa persepsi ibu rumah tangga terhadap tayangan iklan sunlight di Televisi (studi kasus Ibu PKK di RT 03 / Rw 04 Desa Tualang Kecamatan Tualang Perawang. Perhatian, pengertian dan penerimaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 21:29 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 21:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7873 |
Actions (login required)
View Item |