Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERNALISASI PEMBENTUKAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI YAYASAN PENDIDIKAN HAJI ABDUL GHANI KOTA BATAM

SUNARIAH, - (2024) PENERAPAN KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERNALISASI PEMBENTUKAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI YAYASAN PENDIDIKAN HAJI ABDUL GHANI KOTA BATAM. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DISERTASI SUNARIAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sunariah (2024): Penerapan Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik Di Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani Kota Batam. Guru merupakan model atau teladan bagi para peserta didik dan semua orang yang menganggap dia sebagai guru. Keteladanan merupakan bagian integral dari seorang guru, sehingga menjadi guru berarti menerima tanggung jawab untuk menjadi teladan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagimana Penerapan Penerapan Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik Di Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani Kota Batam? 2) Apa sajakah Faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat pengembangan Penerapan Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik Di Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani Kota Batam?.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Bagimana Penerapan Penerapan Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik Di Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani Kotam Batam? 2) Untuk mengetahui Apa sajakah Faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat pengembangan Penerapan Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik Di Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani Kota Batam?; Teknik pengumpulan data dengan menggunakan 1) wawancara, 2) observasi dan 3) dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik Di Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani Batam, dilakukan dengan upaya penanaman sikap keteladaan dengan menginternalisasi Pembentukan Sikap Spiritual kepada para siswanya, penanama sikap keteladanan; kedisiplinan, sopan santu, kerja keras, berpakaian rapi dan bertutur kata sopan, dan penanaman sikp spritual; sikap Jujur, Kegiatan PHBI, Pondok karakter, membaca surat pendek sebelum kegiatan belajar, Siraman Rohani, Bersahabat Komunikatif, Lomba Pidato, Shalat Berja‟amaah dan Cinta Damai serta Peduli Sosial pada siswa. 2) Faktor pendukung dan penghambat Penerapan Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik Di Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani Batam, terdapat banyak faktor yang mendukung maupun menghambat para ahli menggolong kan ke dalam dua bagian, yaitu ; a) Pertama, faktor pendukung antara lain: 1) Standar isi kurikulum yang digunakan; 2) Kepemimpinan kepala sekolah; b) faktor yang menjadi penghambat, yaitu: 1) Kurangnya kepedulian dari beberapa orangtua dan guru; 2) Minimnya pengetahuan orangtua tentang pendidikan karakter. Kata kunci : Keteladanan Guru, Pendidikan Agama Islam Internalisasi, Sikap Spiritual

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 17 May 2024 03:14
Last Modified: 17 May 2024 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78717

Actions (login required)

View Item View Item