Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 67 PK/TUN/2023 TENTANG PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA BARU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2021

VIRGIA ANNISA ALMOND, - (2024) PELAKSANAAN PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 67 PK/TUN/2023 TENTANG PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA BARU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIRGIA ANNISA ALMOND.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Virgia Annisa Almond, (2024) : Pelaksanaan Putusan Mahkamah Agung Nomor 67 PK/TUN/2023 Tentang Pemilihan Kepala Desa Di Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun 2021 Dalam pelaksanaan putusan Peradilan Tata Usaha Negara tidaklah semudah pelaksanaan putusan Peradilan Pidana atau Peradilan Perdata, hal ini disebabkan karena yang menjadi tergugat adalah Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan putusan Mahkamah Agung Nomor 67 PK/TUN/2023 Tentang Pemilihan Kepala Desa Di Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun 2021 dan bagaimana hambatan pelaksanaan putusan Mahkamah Agung Nomor 67 PK/TUN/2023 Tentang Pemilihan Kepala Desa Di Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah hukum empiris/sosiologis, karena dalam penelitian ini penulis langsung mengadakan penelitian pada lokasi atau tempat yang diteliti, guna memberikan gambaran secara lengkap dan jelas tentang masalah yang diteliti yang menggunakan metode pendekatan kualitatif dalam bentuk kasus yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pengadilan Tata Usaha Negara Pekanbaru, sedangkan informan penelitian adalah keseluruhan pihak yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dalam penelitian ini, sumber data yang digunakan adalah data primer, data sekunder dan data tersier. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian masalah ada 2 hal pokok yang dapat disimpulkan. Pertama, pelaksanaan isi putusan Mahkamah Agung tentang Pemilihan Kepala Desa di Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun 2021 ini tidak dilaksanakan oleh si Tergugat I, Tergugat II dan Tergugat II Intervensi, padahal putusan yang telah dikeluarkan sudah berkekuatan hukum tetap. Kedua, hambatan terhadap pelaksanaan isi putusan Mahkamah Agung tentang pemilihan kepala desa di desa baru kecamatan siak hulu kabupaten Kampar Tahun 2021 ini dengan melihat hambatan secara hukum yaitu eksekusi yang ada pada Peradilan Tata Usaha Negara tidak secara tegas diatur pelaksanannya di Undang-Undang Peradilan Tata Usaha Negara, hambatan secara pelaksanaanya yaitu bahwa tidak mengenal adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU), selain daripada itu panitia yang dibentuk adalah panitia ad hoc, yang akan dibubarkan setelah tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa tersebut selesai dan hambatan secara budayanya yaitu bahwa pada saat pemilihan kepala desa, masyarakat yang tinggal di desa tersebut memiliki hubungan erat dengan si calon kepala desa terpilih. Kata Kunci: Putusan-Eksekusi-Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 May 2024 03:02
Last Modified: 17 May 2024 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78714

Actions (login required)

View Item View Item