Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLIKASI TRADISI SIMA’AN DALAM PENGUATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI DESA MUGOMULYO KEC. SEI BATANG KAB. INDRAGIRI HILIR RIAU

LILIA ULYA AMALIA, - (2024) IMPLIKASI TRADISI SIMA’AN DALAM PENGUATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI DESA MUGOMULYO KEC. SEI BATANG KAB. INDRAGIRI HILIR RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sekripsi ini berjudul ‘’IMPLIKASI TRADISI SIMA’AN DALAM PENGUATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI DESA MUGOMULYO KEC. SEI BATANG KAB. INDRAGIRI HILIR RIAU’’. Sima’an al-Qur’an merupakan tradisi membaca al-Qur’an dan mendengarkan pembacaan al-Qur’an di kalangan masyarakat ataupun pesantren. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan tradisi sima’an di desa Mugomulyo Kec. Sei Batang Kab.Indragiri Hilir Riau, dan (2) Bagaimana implikasi tradisi sima’an dalam penguatan hapalan al-Qur’an di desa Mugomulyo Kec. Sei Batang Kab. Indragiri Hilir Riau. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (library research) dan bersifat kualitatif, dilakukan di desa Mugomulyo Kec. Sei Batang Kab. Indragiri Hilir Riau selama 6 bulan terhitung sejak dikeluarkannya Surat Rekomendasi Riset dari Kesbangpol Provinsi Riau. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan tradisi sima’an dalam penguatan hapalan al-Qur’an di desa Mugomulyo Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Riau; plaksanaan tradisi sim’aan al-Qur’an ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali tepatnya pada malam selasa kliwon. Ada beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya diawali dengan membaca istighosah, pembacaan al-Qur’an 30 Juz dan diakhiri dengan membaca dzikrul ghofilin. (2) Implikasi tradisi sima’an dalam penguatan hapalan al-Qur’an di desa Mugomulyo Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Riau ; memiliki beberapa aspek ialah aspek motivasi menghafal al-Qur’an, aspek penguatan hafalan al-Qur’an, dan aspek yang terakhir adalah aspek syi’ar al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.122 Al-Qur'an
200 Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 17 May 2024 02:04
Last Modified: 03 Jul 2024 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78699

Actions (login required)

View Item View Item