Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PEMBELAJARAN AL-QURÁN BERBASIS SAB’ATU AHRUF

HUSAINI BIN SINWAN, - (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PEMBELAJARAN AL-QURÁN BERBASIS SAB’ATU AHRUF. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI HUSAINI BIN SINWAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Husaini Bin Sinwan (2024): Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Pembelajaran Al-Qurán Berbasis Sabátu Ahruf Al-Qur‟an adalah kalam Allah SWT yang diwahyukan kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Jibril a.s. Penurunannya meliputi ragam-ragam pembacaan tertentu yang dikenali dengan sab‘at ahruf atau dalam harfiahnya diartikan Al-Qur‟an diturunkan dengan Sab‘atul Ahruf (tujuh ragam bacaan). Para Ulama berbeda pendapat dalam memaknai sab‘atu ahruf, Bahkan perbedaan pendapat tersebut hampir mencapai empat puluh perbedaan pendapat. Selain berperan sebagai kemudahan ragam-ragam pembacaan, Ia juga berperan dalam penafsiran Al-Qur‟an sehingga menghasilkan berbagai tafsiran dan hukum-hukum yang berbeda. Walau bagaimana pun, setiap kategori sab‘at ahruf masih belum diperbincangkan dengan lebih terperinci terutama dari sudut Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan implikasi penafsirannya. Justru itu, di dalam kajian ini akan memfokuskan kepada Ayat-Ayat Sab‘at ahruf dan relevansi ayat Sabátu Ahruf dengan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Metodologi kajian ini adalah bersifat kualitatif berbentuk analisis kandungan dengan bersumberkan buku dan hasil tulisan ilmiah yang berkaitan. Setiap data dianalisis dengan berpedomankan pada perbedaan-perbedaan dalam Qira‟at sepuluh dan kemudian implikasinya dikaji berpedomankan pada penafsiran para mufassirin yang muktabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat perbedaan penafsiran di dalam penafsiran Sab‘atu Ahruf, ia tidak mengubah fakta sesungguhnya dalam penafsiran Al-Qur‟an bahkan memperkuatkan pemahaman dalam suatu ayat. Selain itu, setiap perubahan yang terjadi tidak hanya berkaitan dengan tafsir, tetapi juga mempunyai kaitan dengan ilmu-ilmu lain seperti ilmu Pendidikan, akidah, langustik dan lain- lain. Dari hasil penelitian maka terjawablah segala rumusan masalah yaitu bentuk nilai-nilai pendidikan Islam pada pembelajaran al- Quran 1. Perbedaan dalam bentuk lahjah 2.perbedaan bentuk I‟irab 3.perbedaan dalam bentuk fi‟il 4. Bentuk isim dan beberapa aspek nilai-nilai pendidikan yaitu nilai keimanan, aqidah, sains,syariah dan Bahasa. Implikasi kajian ini menunjukkan bahwa kajian-kajian seperti ini wajar diteruskan dan dikembangkan lagi supaya dapat memberikan kefahaman kepada umat Islam tentang sab‘at ahruf khususnya yang dalam dunia pendidikan. Semoga penelitian ini dapat menarik minat masyarakat Islam untuk mengkaji ilmu Qira‟at dan kaitannya dengan ilmu-ilmu yang lain. Kata Kunciَ : Nilai-Nilai, Pendidikan Islam, Al-Qur‘an dan Sabátu Ahruf

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. Ilyas Husti, MA, -2030126101ilyashusti.pps@gmail.com
Thesis advisorDr. Agustiar, M.Ag, -2005087101agustiarabbas@yahoo.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 May 2024 17:18
Last Modified: 16 May 2024 17:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78695

Actions (login required)

View Item View Item