Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK AND WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KABUPATEN ROKAN HILIR

SITI HALIMAH, - (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK AND WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KABUPATEN ROKAN HILIR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI SITI HALIMAH.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Halimah (2023):Pengembangan Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir Model Think, Talk, and Write adalah pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui materi membaca (mendengarkan, mengkritik, dan solusi alternatif), presentasi, diskusi, dan kemudian membuat laporan tentang hasil pemaparan materi. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana Konsep Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir?; 2) Bagaiman Desain Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir?. Adapun Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui 1) untuk mengetahui Bagaimana Konsep Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir?; 2) Untuk Mengetahui Bagaimana Desain Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development (R & D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data adalah upaya yang dilakukan dengan jalan l) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Adapun hasil penelitian ini yaitu Konsep Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir. Yaity model pembelajaran yang menggunakan tiga aktivitas siswa diantaranya berpikir, berbicara dan menulis. Model pembelajaran kooperatif think, talk, write (TTW) diperkenalkan oleh Huinker & Laughin. Pada dasarnya pembelajaran ini dibangun melalui proses berpikir, berbicara dan menulis. Model Pembelajaran TTW dapat menumbuh kembangkan kemampuan pemecahan masalah. Desain Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir yang telah disusun oleh peneliti sudah dilakukan validasi dengan 4 orang validator yang terdiri dari ahli materi, ahli gambar (desain grafik) dan tata bahasa, yang menyatakan bahwa Desain Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir dikategorikan layak, untuk diberikan dan dipergunakan dalam pembelajaran Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Rokan Hilir Kata kunci : Pengembangan, Model Pembelajaran, Think Talk And Write (TTW) Fiqih

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. Ilyas Husti, MA, -2030126101ilyashusti.pps@gmail.com
Thesis advisorDr. Hj. Zaitun, M.Ag, -2010057201zaitun@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 May 2024 23:50
Last Modified: 16 May 2024 23:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78690

Actions (login required)

View Item View Item