MOHAMMAD RAMLI, - (2024) PENGEMBANGAN MODEL INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DI LEMBAGA PENDIDIKAN HIDAYATULLAH BATAM. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI MOHAMMAD RAMLI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Mohammad Ramli (2024):Pengembangan Model Integrasi Islam Dan Sains Di Lembaga Pendidikan Hidayatullah Batam. Agama dan Sains sebenarnya merupakan tema klasik baik secara normatifteologis maupun historis. Mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan agama adalah satu upaya yang muncul sebagai reaksi adanya konsep dikotomi antara agama dan ilmu pengetahuan yang dimasukkan masyarakat barat dan budaya masyarakat modern. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pengembangan Model Integrasi Islam Dan Sains Di Lembaga Pendidikan Hidayatullah Batam selama ini?; 2) Bagaimana Desains Model Integrasi Islam dan Sains yang relevan dengan Lembaga Pendidikan Hidayatullah Batam?. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui bagaimana Pengembangan Model Integrasi Islam Dan Sains Di Lembaga Pendidikan Hidayatullah Batam selama ini?; 2) untuk mengetahui Bagaimana Desains Model Integrasi Islam dan Sains yang relevan dengan Lembaga Pendidikan Hidayatullah Batam?. Penelitian ini adalah penelitian Research And Developement (R&D) mengacu pada Pengembangan Model ADDIE terdapat lima tahap pengembangan dalam model penelitian ADDIE yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi (Analyze, Design, Developement, Implementation, Evaluation). Teknik Pengumpulan dan analisis Data, Observasi, Wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah Pengembangan Model Integrasi Islam Dan Sains Di Lembaga Pendidikan Hidayatullah Batam selama ini, yaitu integrasi Islam dan sains di lembaga pendidikan Hidayatullah Batam dapat dikategorikan sangat baik walaupun masih dalam bentuk konsep. integrasi Islam dan sains yang ada di lembaga pendidikan Hidayatullah Batam, masih bersipat konsep dalam bagan dan implemnetasinya belum terlihat dengan jelas. Namun, upaya tersebut dapat dikatakan belum maksimal, sebab belum terlihat dengan jelas dalam pembelajaran, yang tertuang dalam kurikulum dan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. Bahkan, sebagian besar perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh guru di semua tinggkata, lembaga pendidikan Hidayatullah belum teurai dengan konsep integrasi integrasi Islam dan sains dalam setiap pembelajaran yang dilakukan, kecuali hanya dalam penjelasan guru terhadap materi yang di ajarkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa integrasi Islam dan sains dalam perangkat pembelajaran belum terlihat dengan jelas. Model integral Hidayatullah dinilai relevan dengan konteks Integrasi Islam dan Sains Lembaga Pendidikan Hidayatullah Batam, sesuai dengan visi misinya Membangun Peradaban Islam dan melahirkan kader-kader yang berkualitas dengan Model Integrasi Islam Dan Sains Hidayatullah yaitu; a) Integrasi Ilmu; b) Integrasi Sistem; c) Integrasi Institusi; d). Integrasi Kurikulum dan; e) Integrasi Metode. Kata kunci : Pengembangan Model , Integrasi Islam, Sains, Hidayatullah Indonesia
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 May 2024 12:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 May 2024 12:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78684 |
Actions (login required)
View Item |