Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN KONSUMSI JUNK FOOD DENGAN KEJADIAN OVERWEIGHT SISWA/I SMA NEGERI 1 TAMBUSAI UTARA

YULIANA NURUL AINI, - (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN KONSUMSI JUNK FOOD DENGAN KEJADIAN OVERWEIGHT SISWA/I SMA NEGERI 1 TAMBUSAI UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia mengalami permasalahan gizi, terutama status gizi lebih pada remaja. Angka gizi lebih pada remaja disebabkan oleh tingginya konsumsi junk food dikalangan remaja. Junk food adalah makanan dan minuman yang mengandung tinggi lemak, gula, garam, dan rendah serat. Mengonsumsi junk food berlebihan akan menyebabkan berbagi penyakit, seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, kanker, dan lain sebagainya. Faktor yang menjadi peran dalam kebiasaan konsumsi makanan remaja adalah pengetahuan gizi pada remaja. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan dan kebiasaan konsumsi junk food dengan kejadian overweight SMAN 1 Tambusai Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tambusai Utara. Sampel penelitian ini dengan metode random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Tambusai Utara. Instrumen penelitian menggunakan identitas sampel, kuesioner pengetahuan gizi dan food frequency quetionnaire untuk menentukan kebiasaan konsumsi junk food. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 43 siswa (68,3%) berstatus gizi overweight, 24 siswa (38,1%) yang pengetahuan baik, dan 35 siswa (61,9%) yang memiliki kebiasaan sering konsumsi junk food. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan kebiasaan konsumsi junk food terhadap kejadian overweight pada remaja SMAN 1 Tambusai Utara (p < 0,1). Kesimpulan penelitian terdapat hubungan antara pengetahuan dan kebiasaan konsumsi junk food dengan kejadian overweight siswa/i SMAN 1 Tambusai Utara. Kata kunci: junk food, overweight, pengetahuan; remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofya Maya, S.Gz., M.Si, -2005089002sofyaomay@gmail.com
Thesis advisordrg. Nur Pelita Sembiring, M.K.M, -2018096903nurpelitasembiring@gmail.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.3 Nutrisi, Ilmu Gizi
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 16 May 2024 04:42
Last Modified: 16 May 2024 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78673

Actions (login required)

View Item View Item