Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI ESTETIKA DAN PERSEPSI JAMA’AH TERHADAP TULISAN KALIGRAFI PADA MASJID KERAMAT PULAU TENGAH KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI (KAJIAN LIVING QUR’AN)

IKHSAN RIFKI NASWA, - (2024) NILAI ESTETIKA DAN PERSEPSI JAMA’AH TERHADAP TULISAN KALIGRAFI PADA MASJID KERAMAT PULAU TENGAH KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI (KAJIAN LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Masjid Keramat desa Pulau Tengah adalah masjid kuno tertua di Kerinci yang memiliki dekorasi seni kaligrafi, Penelitian ini membahas tentang “Nilai Estetika dan Persepsi Jama’ah Terhadap Tulisan Kaligrafi pada Masjid Keramat Pulau Tengah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi”. Ranah penelitian ini dikenal dengan istilah Living Qur’an. Penelitian ini lebih memfokuskan pada peran dan kehadiran Al-Qur’an yang hidup di Tengah-tengah masyarakat. Kondisi seperti ini memberikan kepada jama’ah dan masyarakat yang datang beribadah ke masjid bisa mengetahui estetika dan makna yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apa Nilai Estetika Kaligrafi di Masjid Keramat dan Bagaimana Persepsi Masyarakat desa Pulau Tengah Terhadap ayat-ayat yang dijadikan dalam bentuk kaligrafi di Masjid Keramat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan selanjutnya data tersebut akan dianalisis melalui uraian deskriptif. Beberapa hasil temuan dalam penelitian ini antara lain: (1) Kaligrafi yang digunakan menggunakan jenis khat Tsuluts dan Naskhi. Latar belakang pemilihan Khat dan ayat-ayat nya yaitu karena mengandung Nilai Estetika, Makna Tekstual, Makna Kontekstual, dan Nilai Promosi terhadap Al-Qur’an. Klasifikasi tema surat atau ayat Al-Qur’an yang dituliskan dalam Kaligrafi yaitu tentang Tauhid, perintah Beribadah, Bersyukur, Dzikir, serta Do’a Mohon Perlindungan. (2) Persepsi Masyarakat tentang makna kaligrafi dan ayatayat Al-Qur’an yang digunakan yaitu, mengingatkan jamaah (sesuai isi dari kaligrafi Al-Qur’an yang dituliskan), menumbuhkan nilai spiritual Islam, menyampaikan pesan agama dan pesan dakwah. Serta memperindah suasana Masjid. Kata Kunci: Living Qur’an, Nilai Estetika, Kaligrafi, Masjid Keramat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. H. Nixson, Lc, M.Ag, -2013016701nurhadihusin@gmail.com
Thesis advisorEdi Hermanto, S.Th.I., M.Pd.I, -2018078601edi.hermanto@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.56 Etika Moral Islam dalam Hal Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 16 May 2024 01:07
Last Modified: 16 May 2024 01:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78636

Actions (login required)

View Item View Item