MOHAIMIN BIN TOKYAN, - (2024) MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH SEPARUH MASA DI SINGAPURA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI MOHAIMIN BIN TOKYAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Model Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Separuh Masa di Singapura Mohaimin bin Tokyan Penelitian ini bertujuan melakarkan sebuah model yang diharap bisa membantu ke arah peningkatan pengajaran dan pembelajaran Al-qur’an di madrasah separuh masa di Singapura. Pendidikan Agama Islam di madrasah separuh masa yang identik dengan madrasah diniyah di Indonesia, merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan umat Islam di Singapura. Pembelajaran Al-qur’an di madrasah separuh masa, merupakan salah satu cabang ilmu utama yang dipelajari untuk bekalan di akhirat kelak. Setelah sekian lama institusi madrasah separuh masa berjalan dan menerapkan pembelajaran Al-qur’an dari peringkat anak-anak hingga remaja, namun prestasi siswa yang baik atau cemerlang dalam pembelajaran Al-qur’an masih rendah dari sudut minat, kemampuan menguasai dan ketrampilan membaca dengan baik dan benar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kajian pustaka. Jenis penelitiannya pula adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan meninjau kaedah pengajaran dan pembelajaran dari berbagai sudut yang diamalkan di dalam dan luar negara yang dapat diadaptasi sehingga menjadi sebuah model pembelajaran efektif dan efisien yang mampu menggali potensi siswa dalam pembelajaran Al-qur’an dan meningkatkan kualitas pembelajaran Al-qur’an. Hasil Penelitian menunjukkan model ini mampu melahirkan generasi pelapis yang minat, terampil serta mahir membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. Katakunci: Madrasah separuh masa, Pembelajaran, Al-qur’an, Perencanaan, Peningkatan, Model pembelajaran
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 May 2024 07:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 May 2024 07:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78624 |
Actions (login required)
View Item |