Rismayanti (2013) PERAN MARKETING DALAM MENDUKUNG STRATEGI POSITIONING PRODUK SPEEDY PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK, DIVISI CONSUMER SERVICE AREA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013157KOM.pdf Download (519kB) | Preview |
Abstract
Saat ini internet seperti dunia kedua bagi manusia, hampir semua kegiatan yang bisa dilakukan di dunia nyata juga bisa dilakukan di dunia maya ini. Mulai dari bergaul hingga berbisnis dan memperoleh pendapatan tambahan. Maka dari itu, untuk memuaskan konsumennya PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Divisi Consumer Service Area Pekanbaru mengeluarkan produk yang bernama Speedy. Speedy adalah layanan akses internet end-to-end berkecepatan tinggi berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga). Karena teknologi yang digunakan hanya dapat menerima jaringan telepon tertentu saja, maka untuk dapat melakukan koneksi ADSL, diperlukan kualitas jaringan telepon yang cukup baik dan stabil, serta memiliki alat Digital Subscriber Line Access Multiplexer yang dapat diperoleh di Sentra Telepon Otomatis di Kantor Telkom Indonesia di seluruh Indonesia. Masalah dengan penelitian ini adalah “Bagaimana peran marketing dalam mendukung strategi positioning PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Divisi Consumer Service Area Pekanbaru?”. Adapun tujuan dari penelitian adalah “Untuk mengetahui peran marketing dalam mendukung strategi positioning produk speedy PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Divisi Consumer Service Area Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam (interview guide). Disain penelitian ini adalah disain penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Divisi Consumer Service Area Pekanbaru yang terletak di Jl. Sudirman No. 199 Pekanbaru. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah Marketing/Sales PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Divisi Consumer Service Area Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Peran marketing dalam mendukung strategi positioning produk speedy. Populasi 1 Asisten Manager Direct Channel berjumlah 1 dan Staff Marketing berjumlah 8. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan dan menjelaskan permasalahan yang diteliti dalam bentuk kalimat yang sesuai dengan teori-teori yang terdapat pada penyajian data. Hasil penelitian mengenai Peran marketing PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Divisi Consumer Service Area Pekanbaru dalam implementasinya dengan adanya peran marketing dalam mendukung strategi positioning dengan cara memposisikan produk speedy berbeda dengan produk pesaing dan speedy memiliki banyak kelebihan sehingga konsumen tertarik menggunakan produk speedy. Marketing berperan untuk mengubah persepsi konsumen terhadap produk speedy agar konsumen merasa nyaman dan senang dengan produk speedy yang sudah optimal. Strategi yang dilakukan marketing untuk memperkuat positioning perusahaan atau produk dengan cara memberikan produk yang berkualitas dan layanan yang berkualitas kepada konsumen. Dalam menjalankan peran marketing, perlu adanya media yang bisa mempublikasikan produk speedy dikalangan masyarakat. Media publikasi yang digunakan media Above The Line dan media Below The Line.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 20:14 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 20:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7860 |
Actions (login required)
View Item |