Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 028 RIMBO PANJANG

Hilyatuz Zahra, Zahra (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 028 RIMBO PANJANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
BAB GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa pada Mata Pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 028 Rimbo Panjang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 24 Siswa kelas IV SD Negeri 028 Rimbo Panjang. Objeknya adalah model pembelajaran student facilitator and explaining dan pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil tes belajar mereka, dimana nilai rata-rata tes sebelum tindakan hanya mencapai 46,57 atau tergolong kurang. Setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada siklus I pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 60,71 atau tergolong cukup. Pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 79,57 atau tergolong baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Mimi Haryani, M.Pd., -2013058501Mimi-PGMI@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 May 2024 23:52
Last Modified: 13 May 2024 23:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78597

Actions (login required)

View Item View Item