NAHRIM AJMAIN, - (2024) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR AL-AZHAR KARYA BUYA HAMKA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI NAHRIM AJMAIN.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nahrim Ajmain (2023):Konsep Pendidikan Karakter dalam Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka Pendidikan karakter merupakan salah satu tangungjawab utama satuan pendidikan hari ini, yang realitanya masih menyedihkan. Melalui judul ini, penulis bermaksud melakukan penelitian terhadap konsep pendidikan karakter dalam Tafsir al-Azhar karya Buya Hamka dengan mengkaji 1. Apakah terminilogi yang digunakan untuk pendidikan karakter 2. Bagaimana konsep pendidikan karakter menurut Buya Hamka dalam kitab Tafsir Al-Azhar. 3. Bagaimana relevansi pendidikan karakter dalam perspektif Buya Hamka terhadap pendidikan Nasional saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dalam menggali serta menganalisis konsep pendidikan karakter menurut Buya Hamka berdasrkan sumber primer dan sekunder. Temuan dalam disertasi ini, antara lain mengungkapkan;1. Ada beberapa term yang digunakan untuk pendidikan karakter yaitu Tarbiyah al- Aulād, Tarbiyah al-Sulukiyah al-‘Amaliyah, Tarbiyah al-Fitriah al-Ghariziah, Tahzib al-Akhlak, Pendidikan Moral dan Pendidikan Budi Pekerti 2. Buya Hamka mengedepankan term tarbiyah untuk Pendidikan karaktar yaitu upaya mengembangkan potensi-potensi pada fitrah manusia berlandaskan nilai-nilai ilahiyah yang dirumuskan menjadi nilai-nilai universal untuk segala aktivitas manusia sebagai makhluk individu maupun social dan lebih sering menggunakan term pendidikan akhlak dan budi pekerti, 3. Konsep pendidikan karakter dalam tafsir al-Azhar karya Buya Hamka relevan dengan pendidikan nasional saat ini. Yaitu keduanya berupaya mewujudkan manusia seutuhnya, yang beriman, berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Relevansinya dapat dilihat pada 6 nilai karakter yang dicanangkan pemerintah berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2020 tentang 6 profil karakter pelajar Pancasila. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Tafsir, Relevansi
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 May 2024 07:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 May 2024 07:15 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78577 |
Actions (login required)
View Item |