ERIANTO PIRZANI, - (2024) PEMBERDAYAAN ANAK ASUH BERBASIS LIFE SKILL DI PANTI ASUHAN AL AKBAR KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Erianto Pirzani Jurusan : Pengembangan Masyarakat Islam Judul : Pemberdayaan Anak Asuh Berbasis Life Skill Di Panti Asuhan Al Akbar Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru Panti asuhan merupakan lembaga yang bergerak dibidang sosial, dengan cara menampung dan menghidupi anak yatim, yatim piatu dan anak terlantar. Anak asuh merupakan generasi muda dan penerus bangsa yang diharapkan dapat ikut membangun Negara. Mereka masih berusia muda sehingga membutuhkan perhatian dari semua pihak terutama untuk mempersiapkan masa depannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan. Proses penyadaran. Proses peningkatan kapasitas. Proses kemadirian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pemberdayaan Anak Asuh Berbasis Life Skill Dipanti Asuhan Al-Akbar Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan memaparkan secara sistematis data yang akurat melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. . Adapun informan kunci adalah ibu Yuli Marni S.I.Kom, selaku ketua, dan informan pendukung terdiri dari 3 orang penguru panti diantaranya: Angga, M.P selaku wakil ketua, Safari Sapar selaku Pembina, H. Ust. Hasim, S.Pd.i selaku pengawas dan 3 orang anak asuh panti asuhan diantaranya: Riska Susanti Dedi Saputra M. Gilang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Proses penyadaran yang ada dipanti asuhan Al-Akbar sudah memberikan pembelajaran dalam menyadarkan anak asuh itu sendiri untuk menyadari bahwa mereka harus mampu memandirikan diri mereka sendiri. Proses penigkatan kapasitas dipanti asuhan Al-Akbar sudah berjalan dengan baik, dengan mengajarkan untuk mampu bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan sudah memberdayakan anak asuh itu sendiri dalam pengembangan dan peningkatan kapasitas diri anak asuh. Proses kemandirian anak asuh panti asuhan Al-Akbar itu sendiri yang didapatkan anak asuh hanya kemandiri dalam kegiatan kehidupan sehari-hari anak asuh dipanti asuhan Al-Akbar, dan pelatihan komputer pelatihan bagi tingkat SMA dalam peningkatan kemampuan hard skill. Kata Kunci: Pemberdayaan, Life Skill, Anak Asuh dan Panti Asuhan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 08 May 2024 07:12 | ||||||||
Last Modified: | 08 May 2024 07:12 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78576 |
Actions (login required)
View Item |