Yenni Yunita, - (2024) Model Desain Kurikulum Berbasis Integrasi Ilmu dan Islam di Universitas Islam Riau. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Yenni Yunita (2023): Model Desain Kurikulum Berbasis Integrasi Ilmu dan Islam di Universitas Islam Riau. Integrasi merupakan proses memadukan nilai-nilai tertentu terhadap sebuah konsep lain yang berbeda sehingga menjadi suatu kesatuan yang koheren dan tidak bisa dipisahkan atau proses pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan bulat. Permasalahan dikotomi Ilmu yang ada di Kampus Islam Riau ini telah menyebabkan mengapa banyak umat Islam baik dari kalangan Dosen, Pegawai maupun Mahasiswa lebih memfokuskan diri mempelajari dan mendalami disiplin Ilmu yang ditekuninya dan terpisah dengan Islam, sehingga pemahaman ajaran Islam di kalangan mereka jauh dan rendah dari pemahamannya tentang disiplin Ilmu pengatahuan. Untuk mengatasi hal tersebut maka integritas Ilmu dan Islam haruslah di wujudkan di Kampus Universitas Islam Riau ini. penelitian ini mengkaji tentang Model Desain Kurikulum Berbasis Integrasi Ilmu dan Islam di Universitas Islam Riau, yakni tentang capaian mata kuliah, capaian pokok bahasan dan desain rencana pembelajaran yang terdapat pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model desain kurikulum berbasis integrasi ilmu dan Islam di Universitas Islam Riau yang selama ini digunakan kemudian bagaimana model desain kurikulum berbasis integrasi ilmu dan Islam di Universitas Islam Riau yang ideal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model desain kurikulum berbasis integrasi ilmu dan Islam di Universitas Islam Riau yang ideal yang terdapat dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Devlopment) atau R & D yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan yang meliputi 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) pengembangan (Develompement), 4)Implementasi (Implementation) dan 5) Evaluasi (Evaluation). Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama, model desain Kurikulum berbasis integrasi ilmu dan Islam yang peneliti temukan di kenal dengan model “ Keris Bulan Bintang” bisa di terapkan di Universitas Islam Riau terutama pada bidang pendidikan yang melahirkan mata kuliah keilmuan integrasi yang tertuang dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Kedua, Model “RPS berbasis ISI (Integration of Science and Islam)” di nilai relevan dengan konsep Integrasi di Universitas Islam Riau karena hal ini berdasarkan hasil analisis data yang di lakukan berdasarkan kajian intergrasi ilmu dan Islam di bebeberapa Perguruan Tinggi Islam di Indonesia dan kajian terhadap literatur-literatur yang relevan dengan integrasi Ilmu dan Islam di lapangan. Kata kunci: Model, Desain Kurikulum, Integrasi Ilmu dan Islam
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2024 09:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2024 09:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78575 |
Actions (login required)
View Item |