SUGIATI, - (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 010 TAMBUSAI UTARA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIau.
|
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf Download (13MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Sugiati (2024): Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sd Negeri 010 Tambusai Utara Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 010 Tambusai Utara. Agar peserta didik tidak mengalami kejenuhan, bahkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik harus meningkat dalam belajar, hal ini dibutuhkan peran guru sebagai motivator. Karena guru tidak hanya sebagai pengajar dan pendidik, tetapi juga harus memainkan peran sebagai motivator. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Serta untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, wali kelas dan siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data mengguanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu berfokus pada keterlibatan aktif siswa, relevansi materi pembelajaran, variasi metode dan media pembelajaran, penetapan tujuan pembelajaran yang jelas, pemberian nilai, menciptakan hubungan positif antara guru dan siswa, memberikan pujian, apresiasi dan penghargaan, serta memberikan contoh atau tauladan yang baik. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung, menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik, memberikan umpan balik konstruktif, dan membuat pembelajaran agama relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Faktor pendukungnya yaitu dukungan dari kepala sekolah, kualitas guru, fasilitas belajar yang baik, peserta didik yang memiliki motivasi internal yang tinggi, dukungan dari keluarga dan teman sekitar, ruang kelas yang nyaman, serta metode dan sumber pembelajaran yang efektif. Dan faktor penghambatnya yaitu ketidakberdayaan siswa terhadap memahami materi, prilaku atau mental siswa yang kurang baik kondisi ekonomi keluarga, kurangnya keterampilan studi, keterbatasan waktu, dan tingkat absensi yang tinggi. Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 May 2024 03:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 May 2024 03:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78465 |
Actions (login required)
View Item |