M. ILHAM, - (2024) ANALISIS KOMPARATIF KUALITAS PELAYANAN PADA PENGGUNA APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL DAN MANUAL PADA PEGADAIAN SYARIAH UPS SIMPANG RUMBAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK M. ILHAM (2024) : ANALISIS KOMPARATIF KUALITAS PELAYANAN PADA PENGGUNA APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL DAN MANUAL PADA PEGADAIAN SYARIAH UPS SIMPANG RUMBAI PT Pegadaian (Persero) cabang syariah merupakan lembaga keuangan non bank memberikan pembiayaan dan berbagai fitur layanan jasa yang disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini yang berjudul analisis komparatif kualitas pelayanan pada pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan manual. Pegadaian Syariah UPS Simpang Rumbai sendiri memiliki 2 bentuk pelayanan yang dapat digunakan oleh nasabah untuk memilih produk ataupun transaksi yang diinginkan yakni melalui Aplikasi Pegadaian Syariah Digital yang dapat di akses dengan smartphone dan manual nasabah dengan datang langsung ke outlet terdekat. Kualitas pelayanan kerap sekali sebagai relatif pengukuran keunggulan yang dimiliki suatu produk atau jasa yang ditujukan kepada nasabah, perspektif kualitas pelayanan dapat dikatakan baik jika dapat memenuhi harapan dari nasabah namun, sebaliknya jika perspektif kualitas pelayanan dapat dikatakan buruk jika tidak dapat memenuhi harapan dari nasabah, dalam pengukurannya kualitas pelayanan menggunakan dimensi yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini juga merupakan penelitian analisis komparatif, sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuisioner) dengan jumlah sampel keseluruhan 200 sampel yang di bagi menjadi 100 sampel nasabah pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah digital dan 100 sampel untuk nasabah pengguna manual. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent samples t-test. Berdasarkan hasil uji samples t-test menemukan rata-rata kualitas pada Aplikasi Pegadaian Syariah lebih rendah sebesar 58,34 dan kualitas pelayanan manual diperoleh sebesar 65,70. Perbedaan kualitas pelayanan antara Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan manual dilihat dari hasil uji independent samples t-test berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (10.699) > t tabel (1,984) maka, dapat di simpulkan H0 ditolak dan Ha bahwa terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada nasabah pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan manual di Pegadaian Syariah UPS Simpang Rumbai. Kata Kunci: Komparatif, Kualitas Pelayanan, Aplikasi Pegadaian Syariah Digital, Manual
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 May 2024 02:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 May 2024 02:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78452 |
Actions (login required)
View Item |