Mukhlishah (2013) PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BANK RIAU KEPRI DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013122KOM.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi pasal 74 Undang- Undang Perseroan Terbatas (UUPT) yang terbaru, yakni UU Nomor 40 Tahun 2007. Melalui undang-undang ini, BUMN dan perusahaan-perusahaan industri diwajibkan untuk melaksanakan CSR. Meningkatnya tingkat kepedulian kualitas kehidupan, sosial dan lingkungan, juga mempengaruhi aktivitas dunia bisnis. Maka lahirlah tuntutan terhadap peran perusahaan agar mempunyai tanggungjawab sosial. Sementara itu Bank Riau Kepri sebagai lembaga perbankan juga ikut serta mengambil peran dalam pelaksanaan CSR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan CSR Bank Riau Kepri yang sesuai dengan visi korporasi dan amanat UU No. 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang Perseroan Terbatas, dan dampak pelaksanaan CSR terhadap citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara, dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi, arsip-arsip berita tentang CSR Bank Riau Kepri, dan peraturan perundang-undangan. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teori dan pendapat pakar yang relevan, sehingga didapat kesimpulan tentang pelaksanaan CSR yang berkaitan dengan peningkatan citra. Penelitian dilakukan di Bank Riau Kepri Pekanbaru Cabang Pusat, pada bagian Corporate Secretary. Yang menjadi subjek penelitian adalah tim bagian Corporate Secretary sebagai pelaksana program CSR, dan objek penelitian adalah pelaksanaan program CSR Bank Riau Kepri dalam meningkatkan citra. Informan penelitian ini sebanyak empat orang. Dan validitas data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Riau Kepri konsisten melaksanakan program CSR sejak awal berdiri. Namun terjadi perubahan nama program dan bentuk bantuan seiring dengan perkembangan waktu. Bentuk praktik dari program CSR Bank Riau Kepri disebut DABAMAS (Dana Bantuan Masyarakat). Istilah CSR digunakan hanya dalam pelaporan pertanggung jawaban yakni pada Laporan Triwulan Internal, yang kemudian juga dimuat di Laporan Tahunan. Bank Riau Kepri melaksanakan program DABAMAS (CSR) pada tujuh macam bidang kegiatan yakni, pendidikan, sosial, kesehatan, lingkungan, keagamaan, kepemudaan dan olahraga, dan seni budaya. Point penting yang penulis temukan dalam penelitian ini adalah kurangnya pengkomunikasian program DABAMAS (CSR) kepada masyarakat, sehingga penyalurannya kurang merata. Dan diharapkan ke depannya Bank Riau Kepri bisa memanfaatkan media komunikasi untuk mengatasi hal ini. Bentuk kegiatan DABAMAS (CSR) diharapkan variatif ke depannya. Selain itu juga didapati kesimpulan bahwa pelaksanaan DABAMAS (CSR) ini berdampak terhadap citra perusahaan. Terbukti dengan masyarakat mulai mengetahui keberadaan perusahaan, serta terjadi peningkatan jumlah nasabah pasca pelaksanaan program DABAMAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 19:16 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 19:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7840 |
Actions (login required)
View Item |