Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak.

Agus Subairi, - (2024) Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Agus Subairi (2024): Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak. Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang kompetensi profesional dan pedagogik guru dalam penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang meliputi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik dalam penerapan strategi pembelajaran, penguatan penggunaan strategi pembelajaran, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi dan penguatan strategi pembelajaran, strategi pembelajaran ideal yang dapat diterapkan pada pendidikan agama Islam, dan untuk mengetahui strategi pembelajaran ideal di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak dengan hasil: 1) Guru dengan kompetensi prosfesional yang cukup tinggi belum maksimal dalam penguasaan materi ditandai dengan penyusunan program pengajaran tanpa penetapan strategi pembelajaran, 2) Guru dengan kompetensi pedagogik yang tinggi dan sangat tinggi telah menerapkan strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, kontekstual, dan strategi pembelajaran mandiri, 3) Penguatan kompetensi professional dan pedagogik guru dalam penerapan strategi pembelajaran Pendidikan agama Islam dilakukan dengan cara melatih menghubungkan strategi dan metode pembelajaran dengan kecerdasan guru, keaktifan belajar peserta didik, tujuan, serta hasil belajar, 4) faktor pendukung terlaksananya strategi pembelajaran didominasi oleh kualifikasi keilmuan tenaga pendidik yang secara keseluruhan adalah sarjana dengan kompetensi prosfesional yang cukup tinggi, kompetensi pedagogik yang tinggi dan sangat tinggi, sedangkan faktor penghambatnya adalah pemahaman guru terhadap strategi pembelajaran yang hanya fokus pada metode pembelajaran dan kurang memanfaatkan kompetensi professional dan pedagogik yang dimiliki, 5) strategi pembelajaran yang ideal digunakan pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak adalah strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri sesuai kompetensi pedagogik dan professional guru, strategi pembelajaran baru yang dapat diterapkan pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak adalah strategi pembelajaran muhadharah yang merupakan kegiatan pembiasaan dan mampu berkontribusi pada hasil belajar peserta didik meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Strategi Pembelajaran, PAI

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. H.M. Nazir., -2021115301nazir21karim@gmail.com
Thesis advisorDR. ZAITUN, M.Ag., -21491106287zaitun.syahbudin@yahoo.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:22
Last Modified: 25 Apr 2024 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78325

Actions (login required)

View Item View Item