Dinda Vega Elvionic, - (2024) Analisis Penggunaan Kode Referral Pada Aplikasi TikTok Menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional No.62/DSN-MUI/XII/2007 Tentang Ju’alah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
Abstract
ABSTRAK Dinda Vega Elvionic (2024): Analisis Penggunaan Kode Referral Pada Aplikasi TikTok Menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional No.62/DSN-MUI/XII/2007 Tentang Ju’alah Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya sistem upah koin pada aplikasi TikTok dengan menggunakan kode referral yang berisikan campuran angka dan huruf yang bisa di konversikan menjadi e-money atau uang elektronik. Sistem pengupahan koin pada aplikasi ini ditinjau dari Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No.62/DSN-MUI/XII/2007 tentang akad Ju‘alah yang mana akan di analisis apakah program yang sedang dijalankan oleh TikTok sudah sesuai dengan aturan yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme kerja penggunaan kode referral pada aplikasi TikTok dan bagaimana analisis penggunaan kode referral pada aplikasi TikTok menurut fatwa dewan syariah nasional No.62/DSN-MUI/XII/2007 tentang akad Ju‘alah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (file research) yang berlokasi di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi Hukum Ekonomi Syariah pada angkatan 2020 yang menggunakan kode referral pada aplikasi TikTok. Populasi pada penelitian berjumlah 18 mahasiswa/i. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan peneliti yaitu teknik total sampling. Sumber data dari penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Adapun metode analisa adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa cara mendapatkan keuntungan dalam Aplikasi Tiktok dengan menggunakan kode referral yang dilakukan oleh mahasiswa yakni mengajak seseorang untuk tugastugas yang diantaranya mendownload aplikasi, mengundang teman/pengguna baru atau menonton video selama bebarapa menit kemudian setelah berhasil melakukan sesuai perintah yang diberikan barulah akan mendapat imbalan atas apa yang telah dilakukan. Impelementasi akad Ju‟alah dalam aplikasi TikTok sebenarnya sudah sesuai dengan ketentuan akad Ju‟alah. Namun ada beberapa catatan seperti tidak memaksakan orang lain dalam melakukan perintah, video/konten yang berada di dalam aplikasi tidak melanggar syariat dan kesesuaikan keuntungan yang di dapatkan dengan pernajian yang telah di tetapkan Kata kunci: Kode Referral,TikTok, Akad Ju’alah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2024 08:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Apr 2024 08:31 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78275 |
Actions (login required)
View Item |