Sri Delna (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DALAM POKOK BAHASAN JASA DAN PERANAN TOKOH DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE WHAT’S MY LINE SISWA KELAS V SDN 018 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201282.pdf Download (595kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS yang selama ini minat belajar siswa masih dikategorikan rendah. Hal ini terlihat ketika prosses pembelajaran berlangsung siswa masih banyak yang bermain, keluar masuk kelas, dan bosan dengan pelajaran IPS. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti tertarik untuk meningkatkan minat belajar siswa, khususnya pada pelajaran IPS dengan pokok bahasan jasa dan peranan tokoh dalam memproklammasikan kemerdekaan pada kelas V SDN 018 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 018 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 20 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah Meningkatkan Minat Belajar IPS dalam Pokok Bahasan Jasa dan Peranan Tokoh dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Melalui Metode What’s My Line pada Kelas V SDN 018 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan 1 x pertemuan sebelum tindakan, satu siklus terdapat 2 x pertemuan. Adapun tahap-tahap yang dilakukukan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Berhasilnya penerapan metode what’s my line pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, diketahui adanya peningkatan minat siswa dalam penguasaan materi dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan minat siswa dalam penguasaan materi hanya mencapai persentase 48.1 % dengan kategori rendah. Pada siklus I minat siswa mencapai persentase 58.5 % dengan kategori sedang. Setelah adanya perbaikan-perbaikan terhadap minat guru siklus II, minat siswa mencapai cukup memuaskan dengan mencapai persentase 77. 7 %. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPS dengan metode what’s my line dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 13:24 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 13:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7811 |
Actions (login required)
View Item |