Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Tambang.

Putri Febriani Lisamsi,, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Febriani Lisamsi, (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Tambang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh nilai rata-rata siswa kelas X untuk mata Pelajaran geografi masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu sebesar 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran geografi di SMAN 1 Tambang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini ialah kelas X unggul 1 sebagai kelas kontrol dan X unggul 3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk melihat hasil belajar siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan uji T- Test. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran brainstorming pada kelas eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi Materi Teori Pembentukan Bumi. Hal ini dibuktikan pada pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran brainstorming. Yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol, dengan perbandingan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 56,61 meningkat menjadi 79,72 dengan persentase kenaikan sebesar 40,8%. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 57,54 meningkat menjadi 71,02 dengan persentase kenaikan sebesar 23,5%. Kata Kunci: Brainstorming, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Muslim, M.Ag, -2023125701muslim@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:58
Last Modified: 18 Mar 2024 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78091

Actions (login required)

View Item View Item