Derita Komala Dewi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PERMAINAN POISON SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 002 KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201271.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan Permainan POISON yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dan bangun ruang siswa kelas V SDN 002 Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan Permainan POISON pada mata pelajaran matematika, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya mencapai 13 orang (50,00) siswa yang tuntas, sedangkan 13 orang siswa (50,00%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 18 orang (69,23%) siswa yang tuntas. Sedangkan 8 orang siswa (30,77%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 88,46% atau sekitar 23 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 13:19 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 13:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7808 |
Actions (login required)
View Item |