Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USAHA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 KUANTAN SAKO KECAMATAN LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Rina Yang Wati (2012) USAHA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 KUANTAN SAKO KECAMATAN LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201260.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Usaha Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi?. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui Usaha Guru untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi, serta mengetahui faktor dominan penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini akan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 010 Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi pada bulan Mei 2011. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri 010 Kuantan Sako. Sampel penelitiannya adalah guru yang mengajar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Kuantan Sako merupakan guru kelas artinya semua mata pelajaran diajarkannya. Begitu juga kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Kuantan Sako yang diajarnya, hanya terdiri satu kelas saja dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan penyebaran angket kepada siswa dan melakukan observasi terhadap guru mengatasi kesulitan belajar siswa. Dari hasil angket yang disebarkan menunjukkan faktor dominan penyebab kesulitan belajar matematika adalah faktor individu siswa dan faktor lingkungan tempat tinggal siswa. Dari empat belas aspek yang di observasi, observasi pertama menunjukkan pilihan “Ya” sebanyak 6 kali dan yang tidak dilakukan pilihan “Tidak” sebanyak 8 kali. Persentasenya 42,8% dikategorikan kurang maksimal berada pada rentang 40-55%. Observasi ke dua menunjukkan pilihan “Ya” sebanyak 10 kali dan yang tidak dilakukan pilihan “Tidak” sebanyak 4 kali. Persentasenya 71,4% dikategorikan cukup maksimal berada pada rentang 55-75%. Observasi ke tiga menunjukkan pilihan “Ya” sebanyak 12 kali dan yang tidak dilakukan pilihan “Tidak” sebanyak 2 kali. Persentasenya 85,7% dikategorikan maksimal berada pada rentang 76-100%. Observasi ke empat menunjukkan pilihan “Ya” sebanyak 14 kali dan yang tidak dilakukan pilihan “Tidak” tidak ada. Persentasenya 100% dikategorikan maksimal berada pada rentang 76-100%. Rekapitulasi dari empat pertemuan “Ya” sebanyak 42 kali dan “Tidak” sebanyak 14 kali. Nilai responden 56 kali. Persentase yang diperoleh 75% dikategorikan cukup maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:09
Last Modified: 21 Sep 2016 13:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7803

Actions (login required)

View Item View Item