Riska Rahmi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201230.pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengetahuimelaluipenerapanmodelpembelajaranterbalik (Reciprocal Teaching) dapatmeningkatkanhasilbelajar IPSBelajarsiswapadapokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Apakah melaluimodel pembelajaranterbalik(Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada pokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar. PenelitianinidirencanakanpadabulanMei sampaidenganbulanJuli2011.Bentukpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Instrume npenelitianiniterdiriatas instrument perangkatpembelajarandan instrument pengumpulan data berupalembarobservasiaktivitasBelajarsiswa. Penelitianinidilakukanlima kali pertemuan. Satupertemuantanpatindakandanempat kali pertemuanmelaluitindakan.UntukmengetahuipeningkatanaktivitasBelajarIlmuPengetahu anSosial (IPS) siswa, maka data tersebutdianalisisdenganmemperhatikanindikatoraktivitasBelajarsiswasebelumtindakand ansesudahtindakandenganmenggunakanteknikpersentase.Darihasiltersebutdapatdiketahu iapakahterjadipeningkatanatautidakaktivitasBelajarsiswadarisetiapsiklus yang telahdilaksanakan.JikaaktivitasBelajarIlmuPengetahuanSosial (IPS) siswadanmasingmasingindikatornyasudahberkategorikuatdenganangkapersentase ≥ 75%, makasiswadapatdikatakantelahmemilikiaktivitasbelajar yang baikselama proses pembelajaran. Berdasarkanhasilpenelitianini, rata-rata persentasehasilBelajarsiswapadasikluspertamacukupbaikdengan rata-rata 66,11%. Padasikluskeduanaikmenjadi 84,44% denganklasifikasisangattinggidanmencapaistandardarinilaiindikatoryang ditetapkan. Olehkarenaitutingkatkeberhasilantelahmelebihi 75% darijumlahseluruhsiswa.Artinya,sebagianbesarsiswatelahmencapai KKM yang telahditetapkan.DengandemikiandapatdisimpulkanPenerapanModelPembelajarandapat meningkatkanhasilbelajar IPS padapokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 13:07 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 13:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7801 |
Actions (login required)
View Item |