Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SDN 4 BATHIN SOLAPAN KABUPATEN BENGKALIS

Badriyah, Badriyah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SDN 4 BATHIN SOLAPAN KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahun Alam kelas V SDN 4 Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 guru dan 26 siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah model pembelajaran Science Technology Society dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Science Technology Society dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran Science Technology Society dilakukan, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa hanya 7,7% dengan kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 50,0% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 73,1% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Science Technology Society dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V SDN 4 Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhan, M.Ag., -2017107301-
Uncontrolled Keywords: Science Technology Society , Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Feb 2024 23:50
Last Modified: 26 Feb 2024 23:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78005

Actions (login required)

View Item View Item