RATNA SARI, - (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 97 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
||
|
Text
tesis full upload WEYUI_removed.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyelidiki keterampilan siswa yang kesulitan dalam menyimak cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) menyelidiki apa saja kesulitan siswa dalam menyimak cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (3) menyelidiki mengapa siswa mengalami kesulitan menyimak cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (4) menyelidiki cara mengatasi kesulitan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen portofolio siswa, unjuk kerja siswa, wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan dan dokumentasi dengan jumlah partisipan sebanyak empat orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menyimak dikategorikan kurang sekali dibandingkan dengan siswa lainnya. Siswa mengalami kesulitan belajar menyimak karena kurangnya konsentrasi, daya ingat, kondisi fisik dan psikologis siswa, objek yang diingat, dan lingkungan. Siswa tersebut memiliki kendala baik dalam faktor internal maupun eksternal yang menyebabkan mereka mengalami kesulitan dalam menyimak cerita. Kesulitan siswa dapat diatasi oleh guru dengan menggunakan berbagai metode dan strategi. Kata kunci: Analisis kesulitan belajar, Menyimak, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 02:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 02:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77761 |
Actions (login required)
View Item |